• Aksi Pencinta Mobil Mungil VW Kodok


    Aksi Pencinta Mobil Mungil VW Kodok

    Mengulik Komunitas Valkswagen Beetle Indonesia



    Anda bukan satu-satunya orang yang mungkin mengerutkan dahi kala melihat orang memilih mobil tua sebagai kendaraan pribadinya. Seperti mobil Beetle yang sudah diproduksi sejak 1938 dengan di bawah naungan Valkswagen. Banyak masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai VW Kodok. Tidak disangka bahwa mobil klasik berukuran mungil keluaran Jerman ini masih memiliki banyak peminatnya.

     

    (Baca juga artikel: Antusiasme Pencinta Mobil Abarth di Indonesia)


    Desain bodi yang mungil dan khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencintanya. Apalagi di zaman sekarang, untuk bisa mendapatkan mobil Beetle ini tidak terbilang mudah. Perlu ketelitian dan kesabaran bagi mereka yang ingin mendapatkan mobil ini dengan kualitas yang prima. Meskipun begitu, ambisi jumlah orang untuk mendapatkannya tidak hilang. Bahkan, di Indonesia sudah ada komunitas yang menjadi wadah para pencinta mobil bersejarah ini. Salah satu komunitas yang menaungi para pemilik VW Kodok yaitu Valkswagen Beetle Club Jakarta.

     

     

    Komunitas yang sudah berdiri sejak 1982 ini menjadi salah satu komunitas otomotif tertua di Indonesia. “Valkswagen Beetle Club Jakarta ini pertama kali didirikan oleh Muhanto Hatta, dengan maksud menjadikan komunitas ini sebagai wadah berkumpul para pemilik mobil VW Kodok untuk berbagi cerita dan pengalaman,” ungkap Ario Setiantoro yang kini menjabat sebagai ketua Valkswagen Beetle Club Jakarta.

     

    Komunitas yang diramaikan dengan anggota berjumlah 300-an orang ini memiliki struktur organisasi yang dilengkapi keberadaan ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara yang berperan aktif dalam perkumpulan ini. “Kebanyakan orang sekarang akan memilih mobil dengan desain sporty dan mewah. Memiliki dan mengendarai VW Kodok bagi kami seperti mengembalikan kerinduan terhadap nuansa klasik zaman dahulu,” ujar Ario.

     

    (Baca juga artikel: Panduan Tepat Menggunakan Lampu Mobil)
     

    Para peminat mobil unik ini memang didominasi oleh para generasi yang sudah terbilang tua. Meskipun begitu, masih banyak para anggota yang baru bergabung masih memiliki usia yang terbilang muda. Hal tersebut biasanya memang karena mereka benar-benar tertarik pada keberadaan mobil ini.

     

    Persyaratan untuk bisa bergabung tentu mengharuskan anggota untuk memiliki sebuah mobil VW Kodok. Namun, peraturan komunitas ini tetap membebaskan siapa saja yang ingin bergabung dengan tidak membatasi usia dan gender. “Keanggotaan yang sudah bergabung juga tidak sebatas pada saat memiliki mobil VW Kodok semata. Meskipun anggota sudah tidak memilik mobil VW Kodoknya, mereka tetap bisa berkumpul dan ikut acara-acara komunitas ini,” tambah Ario kepada Esquire.

     

     

    Komunitas ini kerap menjadikan daerah Senayan sebagai lokasi berkumpul. Biasanya mereka menetapkan waktu pada minggu pertama atau minggu keempat untuk berkumpul setiap bulannya. “Kalau berkumpul kami biasanya membahas berbagai hal mulai dari masalah mobil para anggota hingga masalah kehidupan. Baru setelah itu, kami melakukan konvoi ke berbagai tempat. Jika waktu memungkinkan, kami kerap melakukan touring ke luar kota,” ungkap pria yang sudah terlibat lebih dari 30 tahun dalam komunitas ini.

     

    Banyak pengalaman menarik yang dapat dirasakan dalam komunitas ini. Momen kebersamaan para anggota tidak hanya terlihat pada saat berkumpul saja. Pada saat touring, pasti ada beberapa mobil anggota yang mengalami masalah. Dari situ, akan terlihat solidaritas para anggota yang tinggi ketika saling membantu menghadapi masalah tersebut. Komunitas ini juga kerap terlibat dengan beberapa event otomotif seperti Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) dan balapan Valkswagen Beetle yang rutin dihelat di Sentul.


     

    Baca juga artikel:

    Tips Jitu Agar Kabin Mobil Tetap Sejuk

    Tips Makan Sehat Selama Perjalanan Jarak Jauh

    8 Jam Tangan Bertema Otomotif Terbaik (bagian 1)


     

     


     

    TEKS: RIZAL ADIPUTRA

    EDITOR: HAPPY FERDIAN

    FOTO: DOK. ESQUIRE


    TAG : car community komunitas valkswagen vw kodok beetle otomotif hobby



- MORE STORIES -


Lifestyle  4/7/2017

Aksi G-Shock Warrior Indonesia

Antusiasme pencinta jam tangan tangguh







OTHER ARTICLE