Ciri Ciri Pohon Delima

Ciri Ciri Pohon Delima

Siapa yang tidak mengenal buah delima? Buah yang kaya akan antioksidan ini diperkirakan berasal dari Negara Iran dan telah tersebar di segala penjuru Asia. Saat ini pohon delima telah banyak dikembangkan di Indonesia karena memiliki berbagai macam manfaat. Apakah kamu tahu ciri-ciri pohon delima?

Pohon delima merupakan tumbuhan berkayu dengan percabangan yang lemah. Pohon delima memiliki ciri khas dibandingkan pohon buah lainnya. Salah satu ciri pohon delima adalah bentuknya seperti semak dengan tinggi sekitar 5-10 meter.

Ciri-Ciri Pohon Delima

1. Taksonomi Pohon Delima

Dalam biologi istilah taksonomi dikaitkan pada penggolongan atau sistematika pembagian makhluk hidup. Dalam ilmu taksonomi penggolongan terdiri dari 7 tingkatan dari yang paling atas yaitu kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan yang terakhir spesies.

Berikut merupakan sistem klasifikasi atau taksonomi dari pohon delima:
  1. Kingdom : Plantae
  2. Filum : Tracheophyta
  3. Kelas : Magnoliopsida
  4. Ordo : Myrtales
  5. Famili : Lythraceae
  6. Genus : Punica
  7. Spesies : Punica granatum

2. Morfologi Pohon Delima

Morfologi merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang struktur maupun bentuk dari suatu organisme. Pohon delima merupakan pohon buah berjenis perdu sehingga cocok ditanam untuk dijadikan tanaman hias di rumah namun kaya akan manfaat.

Berikut merupakan morfologi pohon delima dari setiap bagian tanamannya:

⦁ Akar
Akar dari pohon delima merah merupakan sejenis akar tunggal berserabut besar dengan bentuk bulat memanjang dan berwarna kecoklatan. Akar ini memiliki panjang sekitar 1-10 meter atau lebih yang masuk ke dalam tanah.

Di dalam akar pohon delima terdapat kandungan astringen yang kuat yang mampu untuk menyembuhkan diare.

⦁ Batang
Batang dari pohon delima merupakan kayu yang keras berbentuk persegi yang menjadi ciri khas dengan banyak cabang dan terdapat duri yang ada pada ketiak daunnya. Batang pohon delima berwarna coklat saat masih muda dan berubah menjadi hijau kotor jika mulai tua.


⦁ Daun
Daun pohon delima merah termasuk daun tunggal dengan tangkai pendek yang letaknya berkelompok. Bentuknya lonjong dengan pangkal lancip dan ujungnya yang tumpul. Panjang daun pohon delima merah berkisar antara 1-9 cm dengan lebar 0,5-2,5 cm.

⦁ Bunga
Bunga pohon delima termasuk bunga tunggal yang tumbuh sepanjang tahun. Bentuk tangkainya pendek dan biasa tumbuh di sekitar ketiak daun paling atas. Kadang di salah titik dapat ditumbuhi hingga 5 bunga dengan warna yang berbeda yaitu merah, ungu, dan putih.

Warna dari bunga ini yang akan membedakan warna buah yang dihasilkan. Jika bunganya berwarna merah maka akan menghasilkan buah berwarna merah. Jika bunga berwarna ungu maka akan menghasilkan buah yang berwarna ungu, serta bunga putih menghasilkan buah berwarna putih.


⦁ Buah
Buah pohon delima memiliki diameter 5-12 cm. Warna kulitnya menyesuaikan dari warna bunga yang tumbuh. Daging buah delima memiliki keunikan dibanding buah lainnya karena berbentuk seperti butiran-butiran kecil berwarna merah kehitaman yang membungkus biji berwarna putih. 

⦁ Biji
Biji buah pohon delima berbentuk bulat memanjang dan agak pipih. Biasanya biji buah delima berwarna kemerah atau putih yang dilapisi serat-serat halus.

3. Syarat Tumbuh Pohon Delima

Pohon delima cocok untuk dibudidayakan di tempat dengan iklim subtropis hingga tropis. Pohon ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran pada ketinggian maksimal 1000 meter di atas permukaan laut. Syarat tumbuh pohon delima adalah sebagai berikut:

⦁ Media Tanam
Pohon delima memerlukan tanah yang gembur namun tidak terendam air untuk tumbuh, biasanya pH optimal untuk pertumbuhan pohon delima berkisar antara 5,5 hingga 7.


⦁ Kebutuhan Sinar Matahari
Pohon delima memerlukan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh. Oleh karena itu tanamlah di tanah lapang yang terkena sinar matahari langsung sepanjang hari.

⦁ Kebutuhan Air
Pohon delima cenderung menyukai kondisi tanah yang kering. Namun perlu dilakukan penyiraman yang cukup untuk memastikan tanah tetap lembab.

Selain memiliki banyak manfaat ternyata membudidayakan pohon delima tidak sulit dilakukan. Setelah mengetahui ciri-ciri pohon delima, apakah kamu tertarik untuk menanamnya di halaman rumahmu?


Ciri Ciri Pohon Delima - Esquire

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Delima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel