Ciri Ciri Pohon Duku

Ciri Ciri Pohon Duku

Orang Melayu menyebut buah duku dengan sebutan buah langsat. Padahal buah duku dan buah langsat merupakan spesies yang berbeda. Memang ciri-ciri pohon duku memiliki kemiripan dengan pohon langsat. Tetapi masih banyak ciri-ciri lain yang dapat membedakan keduanya.

Buah ini cukup ramai dan populer di pasar Indonesia. Buah duku memiliki banyak variasi dari sifat-sifat pohon dan buahnya, sehingga banyak para ahli yang mengklasifikasikan buah duku ke dalam beberapa spesies yang berbeda.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Duku

1. Berdasarkan Taksonomi

Sebelum mengenal ciri-ciri pohon duku lebih jauh, kita perlu mengetahui sistem klasifikasi dari pohon duku. Sistem taksonomi dalam ilmu biologi pada dasarnya membagi dalam 7 tingkatan yaitu kingdom, filum atau divisi, kelas, ordo, family, genus, dan spesies.


Tetapi pohon duku memiliki sub pada masing-masing tingkatan hingga jumlahnya menjadi 10. Berikut adalah taksonomi pohon duku yang digolongkan ke dalam 10 tingkatan:
  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub Kelas : Rosidae
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Meliaceae
  • Genus : Lansum
  • Spesies : Lansum domesticum Corr

2. Berdasarkan Morfologi

Morfologi merupakan cabang ilmu biologi yang membahas mengenai berbagai struktur dan bentuk suatu organisme. Perbedaan dari setiap organisme dapat diketahui apabila kita mengenal morfologinya. Berikut merupakan morfologi dari pohon duku yang diklasifikasikan dari beberapa bagian:

⦁ Bentuk Akar
Akar dari pohon duku berjenis akar tunggang. Jenis akar ini merupakan akar yang sangat kokoh sehingga mampu menopang pohon tersebut. Akar pohon duku berbentuk silindris yang memiliki banyak cabang atau rambut akar.


⦁ Bentuk Batang
Batang pohon duku dapat tumbuh mencapai 20 meter dengan diameter sekitar 35-40 cm. Bentuknya silindris dengan tipe cabang monopodial yaitu antara batang induk dan cabang memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Struktur bagian dalam pohon duku beralur alur dan memiliki kulit batang yang tipis sehingga sulit untuk dikelupas. Kulit batang ini berwarna coklat kehijauan atau berwarna keabuan dengan getah berwarna putih di dalamnya. Biasanya batang pohon duku dicangkok untuk diperbanyak.

⦁ Bentuk Daun
Daun pohon duku berjenis majemuk ganjil yang terdiri 5-7 helai anak daun yang tersusun berselang seling. Masing-masing anak daun berbentuk elips memanjang dan rata pada pinggirannya.

Daun pohon duku baik bagian atas maupun bagian bawah sama-sama berwarna hijau tua dan kadang sedikit berwarna kekuningan.

⦁ Bentuk Bunga
Bunga pohon duku berwarna hijau atau kekuningan dengan tipe bunga majemuk tandan yang memiliki putik serta benang sari. Bunga ini berukuran kecil, bertangkai pendek, serta bentuknya yang menyerupai mangkuk.


Bentuk bunga dari pohon duku memiliki kemiripan dengan bunga pohon kelapa, yaitu letaknya menggantung pada bagian cabang yang besar.

Kelopak bunga dari pohon duku cenderung tebal dan berjumlah 5 helai. Selain itu terdapat mahkota bunga sebanyak 4 hingga 5 helai yang bertekstur tebal pula.

⦁ Bentuk Buah
Pohon duku memiliki buah yang berbentuk bulat dengan diameter antara 2 hingga 4 cm. Kulit buah duku berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi kuning ketika mulai masak. 


Daging buah duku tebal, rasanya manis keasaman, dan berwarna transparan. Daging buah terlihat bersekat-sekat dengan biji di dalamnya. Buah duku sulit dibedakan dengan buah langsat. Namun buah duku cenderung memiliki kandungan getah yang sedikit dibandingkan buah langsat.

Selain itu kandungan air yang sedikit pada buah duku membuat buah ini tahan lebih lama dibandingkan buah langsat.

⦁ Bentuk Biji
Biji buah duku memiliki ukuran yang besar maupun kecil. Biji buah duku berjenis dikotil atau berkeping dua. Biji buahnya berbentuk lonjong cenderung pipih namun ada beberapa yang berbentuk agak bulat. Warnanya hijau kecoklatan dan terasa pahit.


Pohon duku memang memiliki banyak spesies yang tersebar di berbagai negara. Namun pada dasarnya hanya terdapat dua jenis kelompok besar dari tanaman ini. Jenis yang pertama merupakan tanaman duku itu sendiri dan yang lainnya merupakan tanaman langsat.


Ciri Ciri Pohon Duku - Esquire

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Duku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel