Ciri Ciri Pohon Rambutan

Ciri Ciri Pohon Rambutan

Rambutan merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh subur di Indonesia. Salah satu dari kamu pasta menyukai jenis buah ini. Ciri-ciri pohon rambutan yang memasuki usia panen biasanya buahnya akan berwarna merah dan menggerombol dalam satu batang.

Pohon rambutan bisa ditanam di depan rumah atau kebun belakang dengan perawatan yang mudah. Sebelum mulai menanam pohon ini, kamu perlu mengetahui ciri-ciri yang dimiliki pohon rambutan agar pembudidayaan dilakukan dengan tepat.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Rambutan

1. Taksonomi Pohon Rambutan

Klasifikasi ilmiah dari pohon rambutan jika diurutkan dari tingkatannya adalah:
  • Kingdom : Plantae
  • Tanpa takson : Angiospermae, Eudikotil, Rosidae
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Sapindaceae
  • Genus : Nephelium
  • Spesies : N. lappaceum
  • Binomial : Nephelium lappaceum L.
Pohon rambutan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup dengan baik pada suhu tropika, yakni kisaran 25 derajat celcius. Tinggi pohon biasanya antara 4 meter hingga 5 meter. 


2. Morfologi Pohon Rambutan

- Daun
Daun pohon rambutan masuk dalam kategori daun majemuk dengan bentuk yang lebar, bulat seperti telur dan menyirip. Jumlah daun tiap batang kecil antara 5 hingga 9, sehingga pohon ini akan tampak lebat dan rindang.

Warna daun pohon rambutan berwarna hijau tua dan akan mulai memudar ketika memasuki usia panen buah. Bahkan kadangkala daunnya berwarna kuning kecoklatan. Daun lama akan mulai berguguran dan daun baru akan mulai tumbuh

- Bunga
Sebelum memasuki panen, bunga pohon rambutan akan tumbuh. Namun, kondisi ini tidak berlaku jika ketersediaan air dalam pohon tidak mencukupi. Maka, jika kamu memiliki pohon ini, pastikan untuk memberikan asupan air dengan cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Jika penanaman pohon ini diawali dengan biji, maka kamu membutuhkan waktu 7 tahun untuk melihat pohon rambutan menghasilkan bunga. Jika ingin cepat, kamu bisa menggunakan cara lain yakni memperbanyak proses vegetatif. Bunga pun akan tumbuh dalam waktu 2 tahun.

Bunga pohon rambutan bentuknya seperti susunan karangan. Ukuran rata-rata setiap bunga memiliki diameter 3 - 5 mm. Tumbuhnya bunga diawali oleh bunga jantan dan dilanjutkan dengan bunga betina sebagai putik.

- Buah
Sama seperti namanya, buah rambutan berbentuk bulat, berkulit merah merona dan di bagian kulit luar terdapat rambut yang mengelilinginya. Rambut di kulit luar ini biasanya berwarna merah dan hitam. Namun, jika masih muda berwarna hijau, kuning atau oranye.

Rambutan terdiri dari beberapa jenis, sehingga rasa dari buah rambutan pasti bervariatif. Tetapi, pada umumnya buah rambutan ini memiliki rasa manis alami dan mengandung cukup air. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur tebal.

Biji yang ada di dalam buah rambutan berukuran 1 ruas jari kelingking orang dewasa dengan bentuk lonjong dan berwarna putih kecoklatan.

- Batang
Setiap pohon rambutan memiliki batang atau ranting yang bercabang-cabang dan ditumbuhi daun beserta bunga bakal buah. Tidak mengherankan jika pohon rambutan mampu menghasilkan buah yang banyak sekali panen.

Biasanya batang baru akan tumbuh ketika buah selesai dipanen. Secara otomatis pohon rambutan melakukan flushing, sehingga daun dan cabang yang baru juga mulai bermunculan.

3. Jenis Pohon Rambutan

Jenis atau varietas pohon rambutan sangat banyak, tetapi ada beberapa jenis yang menjadi varietas unggul dan banyak dicari pembeli, di antaranya:
  1. Nona berasal dari Riau (Kampar)
  2. Binjai berasal dari Sumatera Utara
  3. Rapiah dan Lebak bulus berasal dari Pasar Minggu
  4. Bahrang berasal dari Sumatera Utara (Langkat)
  5. Antalagi berasal dari Kalimantan Selatan (Sungai Andai)
  6. Garuda berasal dari Kalimantan Selatan (Sungai Andai)
  7. Tangkue Lebak berasal dari Banten (Maja)
  8. Sibongkok berasal dari Kalimantan Selatan (Sungai Luhut)

4. Persebaran Pohon Rambutan

Pohon rambutan akan banyak kamu temui di kawasan Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Tanah di tiga pulau ini menjadi tempat yang paling cocok untuk pohon rambutan berkembang. Namun, di wilayah Sumatera, panen buah rambutan bisa mencapai 2x dalam setahun, sedang yang lain hanya 1x.

Ciri-ciri pohon rambutan di setiap varietas secara umum sama, baik dari bentuk daun hingga batang. Namun, untuk bagian buahnya pasti memiliki sedikit perbedaan, mulai dari rasa ukuran, ketebalan daging buah hingga warna kulit luar. Apakah kamu memiliki pohon rambutan di rumah? 


Ciri Ciri Pohon Rambutan - Esquire

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Rambutan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel