Ciri Ciri Pohon Sancang

Ciri Ciri Pohon Sancang

Jenis-jenis pohon yang ada di muka bumi ini sangat bervariasi. Apakah kamu pernah mendengar pohon sancang? Jenis pohon ini tumbuh subur di Indonesia dan bisa kamu temukan di mana saja. Ciri-ciri pohon sancang yaitu memiliki daun hijau tebal dan agak lebar.

Pohon sancang masuk dalam klasifikasi pohon bonsai dengan lebar daun mencapai 7 hingga 10 cm saja. Pohon ini terdiri dari bagian batang, buah dan daun dengan ciri khas masing-masing yang mencerminkan sebuah keunikan. Tidak heran jika jenis pohon ini juga banyak diburu pecinta tanaman.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Sancang

1. Taksonomi Pohon Sancang

Pohon sancang atau tumbuhan dengan nama latin Premna microphylla ini masuk dalam kingdom plantae dan masuk dalam spesies Caesalpinia sappan L. Tanaman ini termasuk jenis bonsai karena memiliki ciri-ciri yang hampir sama. 


2. Morfologi Daun

Daun pohon sancang berwarna hijau gelap dengan bentuk bulat. Bagian pinggirnya bergerigi dan ukuran daunnya sendiri hanya 0,5 cm hingga 3 cm saja atau sebesar jempol ibu jari tangan orang dewasa. Hal yang menarik dari pohon sancang ini, daunnya tampak berkilau.

Daun yang tumbuh di setiap batang sancang tergolong rapat dan beraturan. Biasanya terdapat 8 hingga 12 helai daun di setiap batang. Hal ini membuat pohon sancang terlihat rimbun dan sangat cocok untuk menjadi tanaman bonsai.

Daun dari pohon ini juga memiliki rambut-rambut halus sehingga terlihat unik. Ukuran daun sancang yang kecil membuat pohon ini bisa dikategorikan sebagai tanaman bonsai. Daun selalu berwarna hijau, tetapi jika asupan gizinya kurang, maka bisa berubah menjadi kuning dan akhirnya layu. 


3. Morfologi Batang

Batang dari pohon sancang berukuran kecil, lentur, tumbuh keatas dan mudah dibentuk. Jika dibiarkan saja, batang akan tumbuh tidak beraturan. Namun, jika kamu membentuk batangnya sejak masih ukuran kecil, maka bisa menghasilkan bonsai sancang yang bagus.

Batang sancang bisa tumbuh hingga ukuran 40 atau 50 cm. Warna batangnya coklat tua agak putih kehijauan. Jika dibuat bonsai dan dirawat dengan baik, warna batang akan cenderung putih kehijauan dan tampak terang. 


4. Morfologi Bunga

Bunga pohon sancang terdiri dari beberapa bagian yakni daun bunga, kelopak, benang sari dan putih. Warna bunga dari pohon ini adalah kuning cerah dengan lebar antara 2 cm hingga 2.5 cm saja. Bagian kelopak bunga tidak memiliki rambut seperti bagian daunnya.

Pada masing-masing bunga, terdapat 10 butir benang sari dan 1 buah putih. Penyerbukan tanaman bisa dilakukan sendiri maupun dibantu angin atau serangga.

5. Morfologi Buah

Keunikan lain yang ditunjukkan dari ciri-ciri pohon sancang ini adalah menghasilkan buah di antara bulan September hingga Oktober. Buah sancang berbentuk bulat kecil seperti polong. Warnanya hitam berkat dengan panjang 18 hingga 20 mm dan lebarnya 10 hingga 12 mm saja.

Isi buah sancang terdiri dari butiran biji berjumlah 2 hingga 5. Pada bagian ujung biji, bentuknya meruncing seperti paruh. Untuk warna biji buah sancang adalah kuning cenderung kehijauan ketika muda dan merah kecoklatan ketika buah matang.

6. Habitat Pohon Sancang

Sancang tumbuh dengan subur di alam liar tanpa perawatan khusus. Namun, jika dirawat dengan baik, tidak menutup kemungkinan tanaman ini menjadi primadona bagi pecinta tanaman hias dan bahkan bisa bernilai jual tinggi.

Habitat asli dari pohon sancang sendiri yakni dari negara di Asia seperti Myanmar, Malaysia, India, Thailand bahkan ada yang asli Indonesia.

7. Perawatan Mudah Pohon Sancang

Dikarenakan jenis pohon sancang berasal dari alam liar, perawatan tumbuhan ini tentu saja sangat mudah. Kamu cukup menancapkannya di tanah gembur, kemudian diberikan pupuk organik dan disirami secukupnya saja.

Namun jika sancang yang kamu pelihara sudah termasuk varietas baru, dalam artian sudah termasuk hasil persilangan, maka perawatannya harus lebih teliti dan tepat.

Pohon sancang bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin membuat tanaman bonsai selain adenium dan kawan-kawannya. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat tanpa harus disiram setiap harinya. Jika ingin merawatnya dengan benar, pastikan untuk mengetahui karakteristik dari pohon sancang ini.


Ciri Ciri Pohon Sancang - Esquire

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sancang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel