Letak Wilayah Kerajaan Demak

Letak Kerajaan Demak

Kerajaan atau kesultanan Demak merupakan kerajaan Islam yang terbesar di Jawa. Kerajaan ini dikenal luas oleh masyarakat karena memegang peranan penting dalam penyebaran dan pendidikan agama Islam di Indonesia terutama di tanah Jawa. Letak kerajaan Demak ini berada di Pulau Jawa sehingga banyak orang jawa yang mengetahui kerajaan ini.

1. Kerajaan Demak Berada di Tepi laut

Pada zaman dahulu, kerajaan ini berada di tepi laut. Tempat ini masuk dalam wilayah Kampung Bintara. Pada saat ini Kampung tersebut termasuk dalam wilayah Jawa Tengah. Ketika pemerintahan Demak dipimpin oleh Sultan Prawoto, tempat ini dipindahkan ke Demak Prawata.

Ketika Sultan Prawoto meninggal, kerajaan ini dipindahkan ke Jipang oleh Arya Penangsang yang memegang kendali pemerintahan pada saat itu. Kemudian Arya Penangsang meninggal karena dibunuh oleh Ki Gede Pamanahan dan Hadiwijaya. Hadiwijaya yang berasal dari Pajang ini akhirnya menerima kendali penuh untuk mengatur kerajaan Demak. Setelah itu, kerajaan ini menjadi Kerajaan Pajang.


2. Lokasi Kerajaan Demak Menurut IAIN Walisongo

Menurut IAIN Walisongo, terdapat beberapa wilayah yang diprediksi menjadi letak kerajaan Demak, antara lain:

Pendapat pertama menyatakan bahwa tidak ditemukan bekas dari Kerajaan Demak. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Raden Patah hanya bertugas menyebarkan agama islam saat berada di Demak. Raden Patah juga tinggal di rumah biasa, bukan di istana yang sering dikatakan banyak orang. 

Pendapat kedua menyatakan bahwa masjid dari Wali Songo letaknya dekat dengan Kerajaan Demak. Letak dari kerajaan ini diperkirakan berada di area yang saat ini menjadi Lembaga Permasyarakatan yang tak jauh dari Alun-Alun. Hal ini didukung oleh beberapa penemuan nama seperti jogoloyo, betengan, sitihingkil, sampangan, dan pungkuran.

Baca juga: Bunga Rafflesia

Pendapat ketiga menyatakan bahwa letak kerajaan ini berhadapan dengan Masjid Agung Demak. Jaraknya dapat ditempuh dengan melewati sungai yang diapit dua pohon pisang. Sebagian besar masyarakat setempat percaya bahwa makam Kiai Gunduk berada di antara kedua pohon pisang tersebut.

3. Letak Peninggalan Kerajaan Demak

Masjid Agung Demak

Masjid ini merupakan satu-satunya bukti peninggalan Kerajaan Demak yang terbesar. Tempat ini juga sangat terkenal dan masih beroperasi hingga saat ini. 

Baca juga: Pohon Eucalyptus

Dampar Kencana

Benda ini memiliki bentuk seperti singgasana raja yang pernah memegang kendali kepemimpinan Kerajaan Demak. Saat ini benda tersebut disimpan dengan baik di Masjid Agung Demak.

Pintu Bledek

Arti dari nama benda peninggalan kerajaan ini adalah Pintu Petir, Pembuat pintu ini adalah Ki Ageng Solo. Pintu ini dibuat pada tahun 1466 dan digunakan sebagai pintu utama Masjid Agung Demak.

Soko Tatal / Soko Guru

Benda ini memiliki bentuk seperti tiang dengan diameter 1 meter. Benda ini berfungsi sebagai penyangga masjid. Sunan Kalijaga membuat empat Soko Guru untuk menyangga masjid ini.

Baca juga: Tumbuhan Dikotil

Beberapa informasi di atas dapat membantu anda mengetahui lebih lanjut mengenai informasi tentang letak Kerajaan Demak. Anda dapat melihat lokasi dan peninggalan yang ditinggalkan oleh kerajaan ini untuk mempelajari sejarah tentang kerajaan tersebut.


Letak Kerajaan Demak - Esquire

Konten ini di produksi oleh jasa content writer dan di optimasi menggunakan jasa content placement

Belum ada Komentar untuk "Letak Wilayah Kerajaan Demak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel