6 Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia

Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia

Indonesia adalah negara kaya yang diberkahi hasil bumi nan melimpah. Bahkan Indonesia terkenal sebagai negara penghasil gas alam yang tinggi. Hal ini tak lepas dari produksi hasil gas alam di beberapa daerah yang melimpah dan ketersediaan yang cukup tinggi. Ada banyak daerah penghasil gas alam di Indonesia yang menjadi produsen tetap gas alam. Gas alam tak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri namun juga diekspor ke luar.

Daftar Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia

Kepulauan Riau

Tak jauh dari Aceh, terdapat kepulauan yang menjadi penyumbang gas alam terbesar di Indonesia yaitu Kepulauan Riau. Gas alam di provinsi ini sangat melimpah hingga menjadikannya sebagai sektor paling berpotensi dan terpenting untuk meningkatkan perekonomian Riau. Industri gas alam di Kepulauan Riau dikelola oleh salah satu perusahaan gas milik negara yaitu PGN.

Kabupaten Natuna merupakan daerah penghasil gas alam tertinggi di kepulauan Riau. Tercatat sebanyak 222 triliun cadangan gas alam yang terkandung di bawah kepulauan tersebut. Selain kabupaten Natuna, daerah yang cukup banyak menghasilkan gas alam yaitu kabupaten Anambas.


Aceh

Salah satu daerah yang menghasilkan gas alam tertinggi adalah Aceh tepatnya wilayah Lhokseumawe. Kawasan tersebut merupakan sumber atau tempat utama penggalian gas alam di Aceh yang dikelola oleh sebuah perusahaan gas terbesar. Bahkan sejak 1979 hasil gas alam di tempat ini telah diekspor ke luar negeri tepatnya Korea Selatan dan negeri sakura Jepang dalam bentuk Liquefied Natural Gas atau LNG.

Baca juga: Daerah Penghasil Mutiara

Sumatera Selatan

Provinsi yang berada di selatan Sumatera ini menyimpan jutaan gas alam yang melimpah ruah. Bahkan Sumatera Selatan berada di ranking kedua sebagai daerah penghasil penghasil gas alam tertinggi. Penyumbang gas alam terbesar di provinsi Sumatera Selatan adalah Musi Banyuasin yang kemudian diikuti Musi Rawas, Buay Pamaco, serta kabupaten Lahat.

Musi Banyuasin dianggap sebagai daerah yang produktif dalam menghasilkan gas alam. Dibalik besarnya hasil bumi, pemerintah turut berperan dalam memegang kendali dan mengelola gas alam tersebut sejak tahun 2016. Adapun pengelolaan yang dimaksud yaitu dengan cara membangun dan menyalurkan gas alam tersebut lewat pipa dan disalurkan ke masyarakat setempat.


Kalimantan Timur

Berbicara tentang penghasil gas alam terbesar, Kalimantan Timur wajib dimasukkan dalam daftar. Sebagai daerah penghasil gas alam di Indonesia daerah yang berbatasan dengan Malaysia ini memiliki banyak titik penambangan.

Perusahaan terbesarnya berada di daerah Bontang yaitu Badak LNG. Perusahaan produktif tersebut, setiap tahunnya bisa menghasilkan gas alam sebanyak 22,5 juta metrik ton. 

Baca juga: Bunga Rafflesia

Papua Barat

Provinsi yang berada di bagian barat Papua ini merupakan ladang gas alam terbesar di Indonesia, tentu bukan rahasia umum jika Papua Barat memiliki kandungan gas alam yang melimpah. Setidaknya terdapat 500m meter kubik gas cadangan yang ada di perut bumi kawasan Papua Barat. Maka tidak heran jika banyak yang menyebut Papua Barat sebagai surganya gas alam Indonesia.

Baca juga: Pohon Eucalyptus

Jawa Barat

Salah satu provinsi di Pulau Jawa ini ternyata menjadi penghasil gas alam tertinggi di Indonesia. Adalah PT. Nusantara Regas yang mengelola dan memaksimalkan pemanfaatan gas alam di Jawa Barat. Hasil gas alam yang diproduksi perusahaan ini berbentuk cair.

Banyak daerah penghasil gas alam di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Gas alam merupakan energi yang tidak bisa diperbaharui oleh karena itu perlu pemanfaatan dan penggunaan yang bijak supaya tetap terjaga.


Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia - Esquire

Belum ada Komentar untuk "6 Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel