-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Madu Terbaik di Indonesia

Daerah Penghasil Madu Terbaik di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang menghasilkan banyak produk madu yang dengan kualitas terbaik. Selain itu, madu yang dihasilkan di Indonesia juga sangat murni tanpa banyak tambahan bahan kimia sehingga khasiatnya akan semakin ampuh. 

Ada banyak jenis madu di Indonesia dan bagi anda yang gemar mengkonsumsi produk ini wajib mencoba segala jenis yang ada. Tiap daerah biasanya memiliki satu atau lebih jenis madu. Berikut beberapa daerah penghasil madu terbaik di Indonesia yang perlu anda ketahui.

Artikel terkait: daerah penghasil vanili

Daerah Penghasil Madu Terbaik di Indonesia yang Perlu Diketahui

1. Hutan Pelawan

Hutan ini terletak di Pulau Bangka. Di kawasan ini terdapat banyak pohon pelawan. Pohon ini hanya dapat ditemukan di Pulau Bangka. Pohon inilah yang menjadi sumber dari madu pahit yang menjadi salah satu produk kebanggaan Pulau Bangka. Lebih tepatnya madu pahit ini diproduksi oleh lebah yang menghisap nektar dari pohon tersebut. Oleh karena itu, hasil dari madu ini sangat alami tanpa perlu diternak. Sari dari madu tersebut kemudian diperas dan dikemas dalam botol. 

Berbeda dengan madu yang beredar karena rasa dari madu pahit ini sesuai dengan namanya. Rasa pahit dari madu tersebut berasal dari Alkaloid yang mengandung khasiat baik bagi tubuh. Madu ini cukup susah untuk ditemukan saat ini karena keberadaan dari Hutan Pelawan sudah tidak banyak dan proses pembuatannya yang cukup sulit.


2. Nusa Tenggara Timur (NTT)

Provinsi ini juga sangat terkenal sebagai daerah penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu yang dihasilkan dikenal dengan nama madu hutan timor. Madu ini menyandang gelar sebagai madu dengan kualitas terbaik nomer 3 di dunia.

Hal ini tentu saja sangat membanggakan nama Indonesia karena produknya yang sudah dikenal kualitasnya secara internasional. Namun anda perlu berhati-hati bila ingin membeli madu ini karena banyak pedagang yang memalsukan madu tersebut. 


3. Sumbawa

Sumbawa memiliki madu yang cukup terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia. Madu yang dihasilkannya dikenal dengan nama madu Sumbawa. Madu ini memiliki banyak khasiat dan dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Madu ini diambil langsung dari hutan Sumbawa.

Produknya cukup istimewa karena dihasilkan oleh lebah Apis Dorsata. Lebah ini sering memproduksi madu dari pohon kopi dan bidara. Namun proses pembuatan dari madu ini cukup sulit karena peternak madu harus mengambilnya dari pohon yang sangat tinggi sekali. Mereka menaiki pohon ini tanpa ba
ntuan alat sama sekali. Banyak orang yang mencari produk ini sebagai suplemen kesehatan karena dapat menambah stamina. 


4. Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan daerah penghasil terbaik di Indonesia. Warga dari Kalimantan Barat apabila ditanya letak penghasil madu terbaik selalu menjawab kabupaten tersebut. Lebih tepatnya lokasinya berada di Desa Nanga Lauk. Kualitas madu yang dihasilkannya terbaik nomor 2 di dunia. Rasanya juga sangat khas dan memiliki keunikannya tersendiri. Desa tersebut memang memiliki banyak hutan sehingga sangat mendukung untuk melakukan usaha seperti produksi madu.

Selain itu, hutannya juga terjaga dengan baik sehingga kualitas madunya juga terjamin. Harga dari madu ini cukup mahal namun sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan. Warga yang bekerja dalam bidang ini juga tidak mengambil hasil panen seluruhnya karena mereka berusaha untuk melestarikan lebah yang membantu proses pembuatan produk ini.

Baca juga: Bunga Rafflesia

4 daerah di atas merupakan daerah penghasil madu terbaik di Indonesia. Bukan rahasia umum lagi bahwa madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, madu juga sering ditambahkan di beberapa makanan dan minuman untuk menambah cita rasanya.


Daerah Penghasil Madu Terbaik di Indonesia - Esquire