Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Ciri Ikan Cupang

Ciri Ciri Ikan Cupang

Salah satu ikan hias terkenal adalah cupang. Anda dapat menemukan ikan ini dengan mudah di pet shop atau breeder setempat. Selain itu, banyak orang melakukan budidaya sekedar hobi atau khusus memperoleh warna tertentu. Agar tidak salah pilih, Anda perlu mengetahui secara umum ciri ciri ikan cupang.

Lebih Lanjut Mengenai ciri ciri khusus Ikan Cupang

1. Bentuk tubuh

Ikan cupang yang sering dipelihara memiliki variasi warna yang banyak sekali. Masing-masing tampak berbeda terutama terkait bentuk tubuh. Akan tetapi, Anda akan melihat bahkan bagian depan atau mulut serta tubuh tidak jauh berbeda satu dengan lainnya.

Secara umum, ikan air tawar ini memiliki tubuh pipih dan meruncing di bagian mulut. Selanjutnya, ukuran panjang sekitar 5 hingga 8 cm bahkan ada yang lebih besar. Akan tetapi, jarang sekali melihat ikan tersebut memiliki panjang tubuh hingga lebih dari 15 cm. Hewan air ini termasuk dalam ikan kecil sehingga cocok untuk akuarium.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Molly

2. Sirip

Ciri ciri ikan cupang selanjutnya adalah sirip. Ikan ini memiliki dua sirip badan di bagian kanan dan kiri yang dekat dengan belakang insang. Sirip tersebut berbentuk kecil serta mampu bergerak.

Beberapa posisi sirip lainnya adalah di bagian punggung yang mengarah ke ekor. Sirip ini juga bisa menyatu sehingga tampak seperti kipas saat mengembang. Ikan dengan tipe seperti ini biasanya untuk hiasan. Risip juga terdapat di bagian bawah yang sejajar dengan punggung. Meskipun tampak menyatu, Anda masih bisa membedakan sirip dan ekor kecuali memang keduanya mengembang bersama.

Ukuran sirip terdiri dari kecil hingga besar. Untuk yang memiliki sirip kecil dan lancip, Anda mungkin tidak melihatnya secara jelas. Sirip ini justru mampu mengembang ketika ikan merasa terdesak. Sifat agresif ikan tampak dari ekspansi sirip di bagian belakang tersebut.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Baung

3. Ekor

Selanjutnya, ciri ciri ikan cupang bagian adalah tegak vertikal searah dengan bentuk tubuh. Ekor ikan tampak pekat di bagian pangkal dan tipis di bagian ujung. Mirip seperti sirip, ekor ini dapat mengembang lebih lebar dan luas jika ikan dalam keadaan terdesak.

Ekor dan sirip sebenarnya dapat dibedakan dengan mudah untuk ikan tipe umum. Akan tetapi, ada ikan yang seolah sirip bertambah panjang dan lebar sehingga menjadi bagian dari ekor. Agar mampu membedakan sebagai ikan cupang, Anda cek bentuk dan ukuran tubuh serta kepala. Ikan ini memiliki bentuk khas runcing.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Bawal

4. Kepala dan mulut

Sebagai ikan air tawar, cupang memiliki mulut kecil dan selalu bergerak seolah sedang bernapas. Perlu Anda ketahui, ikan ini memiliki semacam labirin tambahan di belakang kepala yang berfungsi menangkap oksigen di air. Dengan organ tersebut, ikan mampu bertahan lebih lama di dalam air yang keruh.

Ciri ciri ikan cupang memiliki mulut runcing dan kepala yang berbentuk segitiga posisi vertikal. Bagian ini lebih pipih dari tubuh di tengah. Ikan tersebut juga mempunyai gigi-gigi halus di rongga mulut. Anda tidak akan melihat langsung dari depan kecuali membuka mulut atau sedang memberi makan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Guppy

5. Warna

Ikan cupang memiliki warna yang bervariasi. Anda dapat menemukan warna gelap seperti abu-abu, coklat, ungu, dan biru gelap. Selain itu, warna cerah juga tersedia misalnya merah, hijau, orange, kuning, dan putih. Meskipun berbeda variasi warna, mayoritas ikan adalah spesies yang sama.

Warna menjadi bagian penting dari ciri ciri ikan cupang. Variasi tersebut terjadi karena perubahan genetik. Secara spesies, ikan tetap sama. Hal ini dibuktikan dari bentuk tubuh serta ukurannya yang relatif tidak berubah.

Baca juga artikel berbagai macam tenang Ikan


Ciri Ciri Ikan Cupang - Esquire