Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Bagian Mesin Frais dan Fungsinya


Mesin frais merupakan mesin yang digunakan untuk melakukan proses penyayatan atau pemotongan pada suatu objek. Mesin ini memiliki berbagai bagian bagian mesin frais dan fungsinya, yang perlu diketahui oleh pengguna. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan aturan pemakaian dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagian Bagian Mesin Frais dan Fungsinya Secara Lengkap

1. Alas Mesin

Bagian pertama merupakan bagian alas, yang terletak di bagian bawah mesin frais. Fungsi dari bagian ini adalah menjadi pondasi, sehingga mesin menjadi lebih kuat dan tidak mudah lepas. Ia juga berfungsi untuk menjadi tempat akhir coolant yang sudah tidak terpakai. 

Baca juga: Sumber Data Spasial

2. Kolom Mesin

Berikutnya merupakan bagian badan atau kolom, yang digunakan sebagai media penggerak naik turun lutut. Ia juga bisa digunakan sebagai meja dan sadel, sehingga mesin saat berdiri dengan tegak. Ciri khasnya adalah bentuknya yang menyerupai ekor burung dengan posisi tegak berdiri.

3. Lutut

Lutut sering disebut sebagai bagian knee, dengan dua buah alur yang berpasangan. Sama seperti kolom mesin, ia berbentuk seperti ekor burung yang ditegakkan. Lutut atau knee ini terbuat dari besi yang sudah di cor, sehingga dapat pula menjadi alas mesin. Pada bagian lutut, terdapat roda yang akan mengatur gerakan menjadi makin otomatis. 


4. Sadel

Sadel berlokasi diantara bagian meja mesin dan lutut, sehingga memberikan gerakan yang lebih dinamis pada mesin. Karena posisinya tersebut, ia dapat mengembalikan sadel dalam posisi yang semula tanpa memerlukan usaha yang lebih. Bagian atas sadel memiliki bentuk huruf Y dan dapat diputar satu lingkaran penuh.

5. Meja Mesin

Bagian ini juga terbuat dari besi yang sudah di cor, sehingga memberikan alur yang berbentuk T dan hanya dapat di putar sebesar 45 derajat saja. Bagian bagian mesin frais dan fungsinya yang satu ini cukup menarik, ia akan mengikat benda selama proses pemotongan dilakukan. Dengan begitu, pola yang akan terbentuk dalam proses pemotongan dapat dilakukan dengan maksimal. 


6. Lengan

Lengan memiliki fungsi untuk tempat pendukung pada bagian abor, sehingga memiliki alur yang mirip dengan bentukan ekor burung. Lengan dapat dikunci, namun ia juga dapat dilepas, oleh karena itu ia bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna.

7. Spindle

Pada mesin frais, ia memiliki fungsi yang cukup penting, dimana ia akan menjadi tempat untuk abor agar dapat berfungsi dengan baik. selama proses pemotongan berlangsung, motor dan mesin penggerak akan menggerakkan spindel. Dengan begitu, alat pemotong dapat berputar dan dipakai secara maksimal oleh penggunanya. 


8. Arbor

Arbor memiliki fungsi untuk memegang alat pemotong, bisa juga digunakan sebagai tempat meletakkan pisau frais yang dipakai untuk memotong. Ia dapat berputar searah dengan alat pemotong yang dipakai, sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan yang ada. arbor dipasangkan dengan spindel dan bisa digunakan secara bersamaan.

9. Milling Head

Selanjutnya adalah bagian milling head yang terletak paling ujung dengan mesin ini. Ia terdiri dari motor penggerak, spindel, serta berbagai mekanisme dan komponen pengendali mesin lainnya. 


Demikianlah ulasan singkat mengenai mesin frais, berikut dengan bagian bagian mesin frais dan fungsinya secara rinci. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda terkait dengan mesin frais, serta cara yang tepat untuk memakainya. Jangan lupa untuk menggunakan mesin ini sesuai dengan tata caranya, agar tidak sulit di kemudian hari.


Bagian Bagian Mesin Frais dan Fungsinya - Esquire