-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Buah Kesemek Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Buah Kesemek

Buah kesemek menjadi salah satu buah yang berasal dari Negara Cina. Yang selanjutnya penyebaran dari buah kesemek ini cukup pesat ke negara Jepang  serta beberapa negara Asia lainnya. Saat ini, terdapat beberapa daerah penghasil buah kesemek di Indonesia yang juga melakukan ekspor ke berbagai negara.

Daftar Daerah Penghasil Buah Kesemek Terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Sumatera Utara (13,70 Ton Lebih)

Penyebaran dari buah kesemek yang ada di Sumatera Utara paling banyak di kawasan Kabupaten Karo. Bahkan, pada setiap kecamatan yang ada di Kabupaten ini hampir memiliki perkebunan buah kesemek.

Para peneliti ahli telah melakukan studi di kabupaten ini, yang mana Kabupaten Karo mampu menghasilkan buah kesemek yang mencapai 13,70 ton pada tahun 2009. Yang pada akhirnya dari tahun 2010 sampai 2013, banyak sekali produk rumahan dari buah kesemek. 

Yang sampai saat ini telah melakukan ekspor hingga berbagai negara termasuk negara Singapura. Karena di bawah Kabupaten Karo telah melakukan berbagai macam strategi penjualan, serta strategi untuk bisa mendapatkan buah kesemek yang berkualitas.

Artikel terkait: daerah penghasil kacang tanah

2. Provinsi Jawa Timur (1500 Ton Lebih)

Provinsi Jawa Timur memiliki Kabupaten Malang dan juga Kota Batu yang menjadi daerah dengan produksi buah kesemek paling tinggi. Meskipun terdapat beberapa daerah lain yang juga menjadi penghasil buah tersebut.

Bertempatkan di Kecamatan Tirtoyudo, buah kesemek yang mampu dihasilkan mencapai 1500 ton pada setiap musimnya. Bahkan pada musim seperti ini, para petani dari buah kesemek mampu mengirimkan buah dengan jumlah yang cukup fantastis.

Sedangkan di kota Batu yang bertempatkan di Desa Junggo, produksi dari buah kesemek bisa mencapai ai 200 hingga 500 kg per tahun. Yang membuat berbeda dengan buah kesemek lainnya, tampilan dari buah kesemek yang ada di desa ini sangat cantik dan juga berkilau.

Selain itu, pada saat masa panen telah tiba. Kabupaten Malang dan juga kota Batu mampu mengirimkan hingga ke seluruh pelosok daerah di Indonesia. Bahkan mereka juga mampu mengekspor buah kesemek hingga ke negara Asia lain seperti Singapura dan juga Malaysia.

Artikel terkait: daerah penghasil bawang putih

3. Provinsi Jawa Barat (1000 Ton Lebih)

Daerah penghasil buah kesemek di Indonesia lainnya adalah Jawa Barat. Yang mana buah kesemek tumbuh dengan baik pada daerah tinggi pegunungan Kuningan. Pakan para eksportir kali melakukan pemesanan yang mana pengiriman dari buah kesemek tersebut berbagai macam negara seperti Singapura dan juga Negara Saudi Arabia.

Daerah yang menjadi home industri dari buah kesemek adalah kota Garut, Desa Giriawas, beserta Desa Barusuda. Yang rata-rata hasil panen untuk per pohonnya bisa mencapai 25 kg hingga 200 kg ketika musim buah ini telah tiba.

Yang pastinya apabila dari provinsi Jawa Barat saja. Dalam masalah ekspor buah kesemek tentu bisa mencapai 1000 tahun lebih.

Artikel terkait: daerah penghasil bawang merah

4. Kota Magelang Di Provinsi Jawa tengah (1000 ton)

Untuk yang terakhir merupakan kawasan yang berada di Kabupaten Magelang, dimana Magelang ini menjadi penghasil kesemek yang berlimpah. Dengan kondisi geografis yang cukup cocok untuk menanam tanaman buah kesemek, pastinya hasil dari buah kesemek pun cukup berkualitas.

Dengan lahan yang luas, di daerah ini mampu menghasilkan sekitar 30 kg per pohon. Yang bahkan dalam sekali panen saja bisa mendapatkan 1000 ton.

Selain itu, daerah penghasil buah kesemek di Indonesia ini memiliki ketinggian berkisar 1000 mdpl peserta memiliki temperatur yang dingin membuat para petani buah kesemek ini bisa menghasilkan buah dengan yang manis dan kekenyalan yang berbeda dengan buah lainnya. 


Daerah Penghasil Buah Kesemek - Esquire