Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daerah Penghasil Kacang Tanah Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Kacang Tanah

Kacang tanah adalah tanaman yang mudah dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Hasil panen kacang tanah selalu meningkat setiap tahunnya. Contohnya pada tahun 2018 penghasilan kacang tanah di Indonesia meningkat sebesar 512.198 ton pertahunnya. Dimana hasil ini didapatkan dari beberapa daerah penghasil kacang tanah di Indonesia. 

Daftar Daerah Penghasil Kacang Tanah terbanyak dan terbaik di Indonesia 

1. NTB

Luas lahan kacang tanah di NTB yaitu mencakup 26.232.4 hektar. Lahan yang luas ini menghasilkan 1.38 ton per hektar kacang tanah pada tahun 2012. Badan Pusat Statistika Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan bahwa, hasil panen kacang tanah NTB pada tahun 2015 meningkat. 

Peningkatan hasil panen ini yaitu sebesar 31.141 ton dengan luas area penanaman yaitu 20.249 hektar. Hasil ini sudah termasuk pendapatan di 10 Kota di NTB. Selain itu, NTB juga terbukti menyumbang 10 % hasil panen kacang tanahnya di perusahaan Garuda Food. Selain menyumbang, terdapat 8.000 petani kacang tanah yang juga bekerja sama dengan Garuda Food.

Artikel terkait: daerah penghasil bawang putih

2. DI Yogyakarta

Peningkatan penghasilan kacang tanah di Daerah Istimewa Yogyakarta meningkat dari tahun 2018. Peningkatan ini sekitar 34.37 % atau sekitar 79.908 ton per tahun dari penghasilan total setelah peningkatan hasil panen menjadi 107.376 ton. Peningkatan hasil panen ini dapat membantu mensejahterakan para petani di DI Yogyakarta.

Menurut kepala DPP (Dinas Pertanian dan Pangan) Gunung Kidul menyatakan bahwa hasil panen kacang tanah di DI Yogyakarta pada tahun 2020 mencapai tingkat yang sangat baik dan memuaskan. Dimana hasil panennya yaitu dengan nilai 4.5 ton per hektar.

Artikel terkait: daerah penghasil bawang merah

3. Jawa timur

Pada tahun 2018, Pulau Jawa menghasilkan produksi kacang tanah sebesar 94.291 ton. Produksi kacang tanah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan penghasilan panen kacang tanah ini meningkat sekitar kurang lebih 3.35%

Sedangkan di daerah Jawa Timur pada tahun 2017 hasil panen kacang tanah sebesar 153.216 ton per tahun. Meski pada tahun 2018 mengalami sedikit penurunan hasil panen kacang tanah. Namun, hasil ini tidak terlihat sangat signifikan. 

Dimana data hasil panen kacang tanah pada tahun 2018 di Jawa Timur yaitu sejumlah 150.180 ton per tahun. Menurut Badan Pusat Statistika Jawa Timur, hasil ini masih menunjukkan angka yang memuaskan.

Artikel terkait: daerah penghasil kapulaga

4. Jawa Barat

Daerah penghasil kacang tanah di Indonesia berikutnya yaitu Jawa Barat. Petani kacang tanah di Jawa Barat Khususnya Bogor dapat menghasilkan sekitar kurang lebih 4.5 ton saat panen. Dimana hasil tersebut hanya untuk satu kali panen saja. 

Petani kacang tanah di Jawa Barat mendapatkan hasil penjualan sekitar Rp 45.000.000 dari hasil panen tersebut. Petani-petani ini memiliki hubungan kerja sama dengan beberapa perusahaan. Sehingga para petani di daerah ini dapat terbantu dari segi ekonomi.

Artikel terkait: daerah penghasil kayu manis

5. Kalimantan Selatan

Kalimantan tidak hanya menjadi pusat penanaman kelap sawit. Tetapi Kalimantan juga menjadi salah satu daerah penghasil kacang di Indonesia. Kalimantan Selatan menghasilkan kacang tanah dalam jumlah yang lumayan banyak. 

Saat panen pada tahun 2018 lalu, Kalimantan Selatan menghasilkan 7.520 ton per hektar kacang tanah pada lahan seluas 5.232 hektar. Pada tahun 2019 Kalimantan Selatan menambah luas lahan penanaman untuk kacang tanah. Dimana penambahan luas lahan kacang tanah pada tahun 2019 menjadi 9.122 hektar. Semakin meningkatnya luas lahan penanaman kacang tanah ini, maka hasil panen kacang tanah di Kalimantan Selatan juga mengalami peningkatan.


Daerah Penghasil Kacang Tanah - Esquire