-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daerah Penghasil Kayu Manis Di Indonesia

Daerah Penghasil Kayu Manis

Kayu Manis merupakan salah satu rempah-rempah yang menjadi komoditas unggulan Indonesia di pasar Dunia. Di Indonesia sendiri banyak daerah yang memiliki potensi komoditas ini yang menjadi pusat penghasil kayu manis. Dari ujung barat sampai ujung timur terdapat beberapa daerah yang memiliki perkebunan rempah. Di bawah ini beberapa daerah penghasil kayu manis di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Daftar daerah penghasil kayu manis terbanyak  didan terbaik Indonesia

1. Yogyakarta

Selain terkenal dengan daerah wisata dan daerah pendidikan, Yogyakarta sendiri merupakan daerah penghasil kayu manis terbesar yang ada di Pulau Jawa. Daerah ini sendiri juga menjadi salah satu pemasok terbesar kebutuhan ekspor kayu manis Indonesia, kualitas kayu manis dari daerah ini juga terkenal bagus dan diterima oleh pasar dunia.

Dengan kualitas yang baik, produksi kayu manis dari Yogyakarta mudah diterima oleh pasar dunia, selain itu juga harga jual dari kayu manis yang memiliki kualitas yang baik terbilang tinggi. Tidak mengherankan bila masyarakat di Yogyakarta memilih untuk menjadi petani kayu manis, karena pendapatan yang diterima cukup tinggi.

Artikel terkait: daerah penghasil kunyit hitam

2. Jambi

Sedangkan daerah penghasil kayu manis di terbesar yang ada di Indonesia adalah Jambi. Daerah ini memiliki potensi perkebutan kayu manis yang sangat tinggi, sehingga sebagian besar masyarakat di tempat ini bekerja sebagai petani kayu manis. Untuk kualitas dari kayu manis yang di hasilkan dari daerah Jambi memiliki kualitas yang sangat baik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Sebagian besar stok kayu manis yang akan diekspor ke pasar dunia berasal dari daerah ini. Karena memiliki tanah yang subur membuat pohon kayu manis dapat hidup dengan mudah di tempat ini. Maka tidak mengherankan jika produksi kayu manis di tempat ini juga tinggi. Oleh sebab itu, Jambi sendiri di kenal sebagai daerah penghasil kayu manis di Indonesia terbesar.

Artikel terkait: daerah penghasil kedelai

3. Sumatera Barat

Daerah lain yang memiliki potensi kayu manis yang bisa dikatakan besar adalah Sumatra Barat, khususnya Provinsi Sumbar.  Daerah ini menjadi salah satu tempat di pulau Sumatra yang mempunyai potensi perkebunan Kayu Manis yang cukup tinggi. Sumbar juga merupakan daerah yang dikenal sebagai produsen kayu manis terbesar yang ada di Indonesia.

Salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia ini memiliki tanah yang subur, khususnya di daerah Sumatra Barat. Di daerah Sumbar banyak sekali terdapat perkebunan-perkebunan Kayu Manis yang dimiliki oleh masyarakat lokal. Namun tidak jarang juga perkebunan tersebut dimiliki oleh perusahaan atau pihak swasta.

Artikel terkait: daerah penghasil gas alam

4. Boyolali

Daerah lain yang ada di pulau Jawa dengan potensi menjanjikan pada sektor perkebunan kayu manisnya adalah Jawa Tengah tepatnya di Boyolali. Belakangan ini pemerintah telah melakukan pengambangan terhadap produsen kayu manis di daerah tersebut. Potensi kayu manis pada daerah ini juga sangat menjanjikan.

Pemerintah memiliki tujuan untuk menjadikan Boyolali sebagai salah satu daerah penghasil kayu manis di Indonesia dengan kualitas yang baik serta jumlah yang banyak. Karena bila pengembangan ini berhasil akan memberikan dampak yang baik bagi pemerintah serta masyarakat baik dari segi pendapatan maupun dari segi perekonomian daerah.

Artikel terkait: daerah penghasil madu

5. Kalimantan Selatan

Sedangkan di Pulau Kalimantan, tempat yang dikenal sebagai daerah penghasil kayu manis di Indonesia adalah Kalimantan Selatan. Tempat ini memang memiliki tanah yang subur mengingat daerah Kalimantan memiliki banyak sekali hutan. Yang menjadi habitat tanaman kayu manis. Pengusaha-pengusaha dari daerah ini sudah memiliki sertifikat yang diakui oleh pemerintah.


Daerah Penghasil Kayu Manis - Esquire