-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Cek Premi Asuransi Mobil


Apakah Anda sadar jika asuransi sebenarnya sangat penting bagi setiap individu? Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak akan pernah tahu kapan akan mengalami musibah. Maka dari itu perlindungan dari asuransi dibutuhkan untuk mengcover hal tersebut.

Terutama untuk memberi perlindungan pada kendaraan kesayangan Anda. Dengan berlangganan polis asuransi untuk kendaraan, ketika nanti terjadi masalah biaya kerusakan bisa dicover oleh pihak asuransi. 

Namun terkadang seseorang merasa hal ini kurang penting maupun kurang efisien. Pasalnya seorang nasabah akan merasa ragu karena tidak tahu bagaimana mengecek premi asuransi mobil yang ingin diambil.

Jika Anda mengalami permasalahan yang sama, maka Anda wajib banget untuk baca artikel ini yang akan membahas cara mudah cek premi asuransi mobil seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Premi Asuransi Mobil

Sebelum mengetahui cara mudah cara mudah cek polis asuransi mobil, ada baiknya Anda memahami faktor apa yang dapat mempengaruhi harga premi mobil Anda. Berikut beberapa beberapa diantaranya:

  • Jenis Asuransi

Pada dasarnya ada dua jenis asuransi yaitu total lost only (TLO) dimana asuransi yang bisa di klaim atas kehilangan total atau kerusakan diatas 75%. Dan juga jenis komprehensif yang menanggung resiko sesuai kesepakatan awal.

  • Jenis, Harga dan Tahun Produksi Kendaraan

Semakin mahal harga atau nilai rupiah suatu kendaraan pasti akan semakin tinggi pula premi yang akan didapatkan. Untuk mobil tua premi juga akan semakin meningkat melihat resiko yang lebih besar dari mobil keluaran terbaru.

  • Kategori Wilayah

Setiap wilayah pastinya memiliki kebijakan masing-masing. Premi asuransi untuk setiap wilayah juga pasti berbeda-beda seperti yang terkandung pada keputusan otoritas jasa keuangan (OJK) No. 6/SEOJK.05?2017.

Cara Mudah Cek Premi Asuransi Mobil

Sebelum berlangganan sebuah asuransi kendaraan, pastinya Anda harus mengecek premi asuransi mobil yang diberikan. Setiap penyedia asuransi pasti memiliki kebijakan yang berbeda-beda. 

Untuk melakukan cek premi mobil, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa metode yang bisa Anda aplikasikan saat cek polis asuransi mobil:

Menghitung Manual Berdasarkan Brosur Asuransi

Cara cek premi asuransi mobil yang pertama, adalah cara paling jadul namun masih cukup efisien. Melalui informasi yang Anda dapatkan ditambah dengan faktor lain, hasil dari perhitungan manual adalah kisaran premi dari asuransi tersebut.

Konsultasi Pada Agen Atau Kantor Asuransi Terdekat

Jika Anda ingin mendapat nilai premi secara detail, Anda bisa langsung melakukan konsultasi langsung ke tempat agen atau kantor asuransi. 

Hubungi Call Center Asuransi

Cara cek premi asuransi yang ketiga ini sangat cocok untuk nasabah yang jauh dari lokasi kantor asuransi. Anda bisa menghubungi call center untuk mendapatkan penjelasan detail dari premi asuransi yang akan Anda ambil

Cek Premi Asuransi Mobil Melalui Website Resmi Asuransi

Cara terakhir merupakan cara paling mudah, walaupun tidak semua asuransi memberikan layanan cek premi asuransi mobil pada website resminya. Seperti contoh adalah jasa asuransi gardaoto.com yang menyediakan cek premi pada websitenya.

Anda hanya perlu memilih jenis kendaraan yang ingin Anda cari dan juga kode wilayah atau plat nomor dari mobil yang akan Anda asuransikan. Lalu setelah Anda menekan tombol “LIHAT PENAWARAN”, website akan menggiring Anda pada penawaran terbaik.