-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Creator Fund, Peluang Emas Bagi Para Konten Kreator

Creator Fund adalah sebuah program pendanaan yang merupakan bentuk dukungan terhadap para content creator secara keuangan. Ya, sering perkembangan teknologi, kini banyak tersedia platform live streaming dan semacamnya yang menghadirkan program Creator Fund.

Ingin Menjajal Program Creator Fund? Berikut Platform yang Cocok Bagi Anda

Di zaman hampir seluruh kebutuhan Anda sudah serba digital ini, mempunyai keinginan untuk jadi seorang content creator serta streamer sepertinya merupakan hal yang umum. Tetapi, tak sedikit pula dari kalangan masyarakat yang mengatakan apabila penghasilan dari seorang konten kreator ini relatif sedikit.

Padahal sebenarnya pendapatan dari content creator ini tidak bisa diremehkan, lho. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba jadi seorang content creator, mungkin beberapa platform di bawah ini cocok untuk Anda.

Youtube Short Funds

 


blog.youtube

Program Youtube Shorts Funds ini merupakan program pendanaan creator terhadap kreatornya guna berkompetisi dengan platform penyedia layanan hiburan serupa lainnya. Pada unggahan laman dukungan Google, YouTube menerangkan bahwa asal bonus itu dari Shorts Fund yang digelontorkan sejumlah 1,4 triliun rupiah. 

Untuk join di YouTube Shorts Fund ini syarat utamanya yaitu kreator harus membuat sebuah video pendek sendiri (orisinil). Lalu video yang terunggah merupakan video yang belum diunggah orang lain. Kreator juga harus berumur minimal 13 tahun.

Untuk kreator yang berumur antara 13-18 tahun butuh persetujuan dari orang tua atau walinya guna membuat akun AdSense. Selain itu, channel YouTube kreator juga harus punya setidaknya satu video pendek dalam 180 hari terakhir.

TikTok Creator Fund


tiktok.com

Aplikasi TikTok juga memiliki program Creator Fund, lho. Apabila Anda tahu sejarahnya, sebenarnya TikTok sudah berevolusi dari aplikasi yang ramah bagi anak-anak hingga menjadi aplikasi yang dipakai oleh khalayak umum di seluruh dunia sekarang ini. Peluncuran program hibah dari TikTok bernama TikTok Creator Fund ini merupakan bentuk dukungan finansial untuk para TikTokers.

Persyaratan yang harus terpenuhi antara lain harus punya akun TikTok Pro, mempunyai jumlah pengikut (followers) minimal 1000, selama 30 hari harus mempunyai jumlah viewers TikTok lebih dari 10.000 views, serta sumber trafik pada video TikTok Anda merupakan organik yang asalnya dari For Your Page (FYP) dengan persentase sejumlah 75%. 

IDN Creator Fund


twitter.com

Pada bulan April 2022, IDN Media merilis program IDN Live Streamer. Kabarnya, program Creator Fund ini mengucurkan dana sebanyak Rp 50 miliar untuk para content creator di IDN Live. Ya, IDN Live adalah sebuah platform streaming yang lengkap dengan sajian konten populer lain yang sudah lebih dulu ada. Seperti artikel berita dari media-media yang berada di bawah naungan perusahaan, kuis, sampai film.

Dana Rp 50 miliar ini terbuka bagi siapa saja untuk para streamer yang terpilih dan dinilai sudah memenuhi persyaratan tertentu. Ikut diberikan pula benefit lainnya, seperti media coverage, strategi promosi, akses memakai studio IDN Media, serta program training & mentoring oleh tim IDN Media.

Tetapi, karena IDN Media adalah media yang tak punya komunitas dan penggemar yang besar, maka menjadikan kurangnya peminat. Para calon content creator kemungkinan masih berfikir 2x untuk menjajal karyanya di IDN Live, sebab masih sepi walaupun peluncuran program Creator Fund ini terbilang cukup baik.

Goplay Creator Fund


goplay.co.id

Sejak 2021 Goplay sudah aktif untuk mengembangkan konten live interaktif secara real-time. Tujuannya yaitu menjadi pembuat konten lokal makin terkenal luas, punya pendapatan berkelanjutan, dan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreator Indonesia. Sehingga, GopLay menghadirkan sebuah program bernama Goplay Creator Fund yang terbuka untuk semua creator di Indonesia.

Goplay membuka peluang pendapatan sustainable (berkelanjutan) bagi para kreator. Sehingga kreator berpeluang memperoleh bonus bulanan dengan proses pencairan instan serta seamless, potensi peningkatan hadiah virtual, pelatihan, sampai profit khusus guna meningkatkan skala program live show mereka. 

Kreator juga berpeluang mendapatkan berbagai keuntungan dalam meningkatkan skala program live show. Keuntungan tersebut antara lain:

  1. Bisa tampil di acara live show rutin Goplay, seperti hiburan akustik mingguan Goplay, GoCoustic, atau Goplay Playground. Penampilan spesial bulanan yang mempertunjukkan berbagai kreator unggulan GoPlay yang juga bisa meningkatkan popularitas pembuat konten terhadap audiens.
  2. Peluang memperoleh sponsor dari brand partner yang difasilitasi oleh GoPlay.
  3. Mentorship khusus dari tim Goplay.

Goplay juga tak melihat seberapa viral Anda sebagai konten kreator atau seberapa banyak pengikutnya. Sebab itu semua hanya jadi patokan popularitas. Sehingga tak ada syarat yang menyulitkan Anda sebagai content creator pemula untuk menyalurkan karya menarik dan kreatif lewat konten-konten positif dan menghibur di GoPlay.

Dari sini dapat Anda simpulkan bahwa program Creator Fund dari GoPlay cenderung lebih gampang serta lebih membantu content creator yang baru saja terjun di dunia konten kreator.