Close

7 Ciri Ciri Ikan Baung

Ciri Ciri Ikan Baung

Pernahkah kamu mengonsumsi ikan baung? Ikan yang masih memiliki kekerabatan yang dekat dengan ikan lele ini merupakan jenis ikan sungai yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bagi kamu yang belum tahu ciri ciri ikan baung, artikel ini akan menjelaskan ciri-ciri ikan sungai yang satu ini.

Mengenal Ciri Ciri Ikan Baung: Bentuk, Ukuran Tubuh, Berat Tubuh, Hingga Bagian-Bagian Tubuhnya

1. Tampak luar

Seperti yang sudah disebutkan, ikan ini memiliki bentuk yang menyerupai dengan ikan patin dan ikan lele. Ikan baung memang memiliki kepala yang agak datar dan pipih. Selain itu, ia bertubuh licin dan memiliki sungut di sekitar mulutnya.

Namun, ikan ini memiliki perbedaan di ukuran dan warna tubuh kendati sama-sama dikategorikan ke dalam jenis catfish. Tubuh ikan ini tidak memiliki sisik dan tampak berlendir, sehingga jika dipegang ikan ini cenderung licin.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Bawal

2. Ukuran tubuh

Karena ikan baung tidak hanya satu jenis, ikan ini memiliki keragaman ukuran tubuh pula. Sebagai contoh, ikan baung putih rata-rata memiliki panjang tubuh mencapai 20 cm. Ikan bawon – baung yang banyak dijumpai di Pulau Jawa – memiliki panjang maksimal mencapai 38-40 cm.

Mengikuti panjang tubuhnya, berat dari ikan ini pun berbeda-beda. Sebagai contoh, ukuran baung yang umum dijumpai di masyarakat adalah sekitar 20-80 cm. Bobot baung dengan panjang minimal tersebut adalah antara 150-200 gram.

Kendati demikian, ada juga baung yang beratnya fantastis, yaitu mencapai 80 kg. Ikan ini bukan merupakan ikan yang umum dijumpai di Indonesia, melainkan di kawasan Indocina.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Guppy

3. Bagian-bagian tubuh

Untuk mengenal ciri ciri ikan baung, ada baiknya jika kita bedah satu per satu bagian tubuh baung.

  • Kepala
Ukuran kepala baung pada umumnya adalah 1/3 bagian dari panjang tubuhnya. Kamu dapat menjumpai bentuk yang menyerupai dengan catfish lain, yaitu sedikit pipih dengan kerangka yang keras. 

Ciri ciri ikan baung yang dapat kamu jumpai pada bagian kepala adalah, kepala baung tidak ditutupi oleh kulit. Selain itu, ikan ini memiliki bentuk yang agak pipih dan mendatar. Sungut yang panjang juga dapat kamu jumpai di ujung kepala ikan yang tinggal di sungai atau danau ini. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Cupang
  • Badan

Di bagian dada, kamu dapat menjumpai sepasang sirip; sedangkan di punggung terdapat satu sirip saja. Di semua sirip dada dan punggung terdapat masing-masing satu patil.

Warna tubuh sebagai ciri ciri ikan baung dapat membedakannya dengan ikan jenis lain. Warna tubuh ikan ini adalah kecoklatan; sedangkan untuk bagian perut, warnanya adalah putih keperakan.

Bentuk badan ikan baung sendiri sedikit mirip dengan ikan lele, yaitu bulat gilig. Tubuhnya yang dilapisi lendir menyebabkan ikan in ilicin saat dipegang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Molly
  • Ekor

Ciri-ciri ikan baung selanjutnya adalah ekor. Bagian tubuh belakang baung juga dilengkapi dengan sirip punggung, sirip perut, dan sirip dubur. Sirip punggung di bagian punggung belakang merupakan sirip lemak yang disebut juga sebagai adipose fin.

  • Perbedaan jenis kelamin

Untuk membedakan jenis kelamin dari baung jantan dan baung betina sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kamu tahu ciri-ciri ikan baung untuk masing-masing jenis kelamin. Perbedaan ikan jantan dan betina cukup jelas namun tetap saja Kamu perlu memperhatikannya dengan teliti sebelum menentukan jenis kelamin ikan.

Pada baung jantan, ada papila yang menonjol dan memanjang di belakang lubang genitalnya. Sedangkan pada ikan baung betina, papilla yang memanjang ini tidak ditemukan.

Ciri ciri ikan baung yang siap dipijah adalah papilanya yang berwarna merah. Hal ini menandakan bahwa sel kelamin ikan sudah matang. Pada ikan betina, perutnya akan terlihat membesar dan teraba lembut, karena mengandung telur matang yang siap dibuahi.

Baca juga artikel berbagai macam tenang Ikan

Tinggalkan komentar