Sales Pemula: 7 Cara Sukses Dapatkan Pelanggan

Di tengah persaingan bisnis yang ketat, penting bagi sales untuk menyusun strategi yang tepat, terutama dalam menciptakan hubungan yang kuat dengan konsumen atau klien. Teknologi yang semakin canggih mendukung langkah ini. Whatsapp, sebagai aplikasi pesan singkat terpopuler dunia, berkolaborasi dengan Customer Relationship Management (CRM). Melahirkan inovasi baru yaitu Whatsapp CRM yang mampu menyajikan komunikasi dua arah antara bisnis dan konsumen untuk meningkatkan penjualan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap mengapa Whatsapp CRM dapat memudahkan tugas sales serta tips-tips untuk mendapatkan pelanggan bagi sales pemula. Yuk, simak terus!

Alasan Sales Pemula Perlu Menggunakan CRM Whatsapp

Berikut beberapa alasan mengapa Whatsapp CRM adalah alat yang sangat berguna untuk sales pemula:

  • CRM memudahkan pengelolaan kontak dan komunikasi:

Whatsapp CRM dapat menyimpan kontak, riwayat percakapan, transaksi hingga kesepakatan antara bisnis dengan klien. Fitur ini mampu memudahkan sales dalam melacak interaksi meskipun percakapan telah berlangsung lama. Riwayat-riwayat transaksi yang tersimpan juga akan mengurangi resiko terjadinya salah paham antara sales dengan klien. 

Selain itu, alat ini juga dapat mengelompokkan kontak menjadi beberapa klasifikasi sesuai kebutuhan sales. Hal ini dapat mencegah terjadinya kontak  klien yang hilang karena terlalu menumpuk.

  • Whatsapp CRM meningkatkan efisiensi dan produktivitas:

Whatsapp CRM menyediakan fitur yang dapat mempersingkat kinerja sales, seperti templat pesan, pesan terjadwal, dan jawaban otomatis. Fitur-fitur ini dapat digunakan agar sales dapat menjadi lebih produktif dan dapat berinteraksi dengan lebih banyak pelanggan secara efisien.

  • Mengoptimalkan proses penjualan dengan sistem pipeline:

Sistem pipeline atau pengkategorian kontak dalam Whatsapp CRM dapat memudahkan sales dalam melacak tahapan perjalanan klien. Sistem pipeline ini dapat dikategorikan sesuai sales funnel. Dengan sistem ini, sales juga dapat menganalisis dan mengidentifikasi peluang yang ada selama interaksi berjalan.

7 Cara Sukses Mendapatkan Pelanggan untuk Sales Pemula

1. Pahami produk dan target pasar

Untuk menjadi sales, memahami produk/layanan yang dijual merupakan hal yang krusial.  Sales wajib mengetahui manfaat, keunggulan, maupun kekurangan dari produk atau layanan yang dijual. Dengan demikian, anda dapat dengan percaya diri mempresentasikan produk kepada pelanggan. 

Dan ketika mereka menanyakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka anda dapat memberikan solusi mengenai produk yang tepat. Sehingga, pelanggan akan merasa sales mampu memahami pelanggan dengan baik.

Selain itu, perlu pula mempelajari target pasar, agar strategi penjualan menjadi lebih efektif. Sehingga sales sudah semestinya memahami demografi, psikografis, dan perilaku dari konsumen.

2. Bangunlah kepercayaan dan relasi

Membangun kepercayaan dengan pelanggan dapat diawali dengan menunjukkan sikap yang ramah, dan sopan kepada calon pelanggan. Dengan hal ini, anda dapat dipandang dengan citra yang profesional dan layak dipercaya oleh pelanggan. 

Tak berhenti sampai disitu, dengarkan keluhan serta kebutuhan pelanggan dengan baik, kemudian berikan solusi yang tepat untuk mereka agar pelanggan dapat percaya bahwa anda merupakan sales yang dapat mereka andalkan. 

Bila kepercayaan sudah terbangun dengan baik, membangun relasi dengan pelanggan akan menjadi lebih mudah.

3. Gunakan komunikasi yang efektif

Ketika menjadi seorang sales, dibutuhkan komunikasi yang efektif untuk menuntun pelanggan agar melakukan pembelian. Komunikasi yang efektif ini dapat diciptakan dengan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh pelanggan. Agar pelanggan mudah mengerti sampaikan penjelasan mengenai produk atau layanan secara jelas, menarik dan persuasif. Selain itu, jangan tunjukkan keraguan dalam menjawab pertanyaan pelanggan. 

Komunikasi yang efektif dengan pelanggan dapat meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. 

4. Hindari ajakan yang memaksa

Sebagai salesman, wajib untuk memahami penolakan dari pelanggan. Jangan memaksa mereka untuk yakin bahwa produk yang anda tawarkan dapat memenuhi kebutuhan mereka. Sales yang memaksa pelanggan dapat menciptakan citra yang buruk, selain berdampak pada reputasi diri, ini juga dapat mempengaruhi citra merek

Ketika pelanggan dipaksa untuk membeli barang yang tidak mereka butuhkan, akan timbul perasaan tidak nyaman dan membuat mereka enggan untuk melakukan pembelian jangka panjang. Sehingga solusinya adalah, tawarkan produk lain yang benar-benar mereka butuhkan. 

5. Peka dan cekatan dalam menguasai keadaan

Sifat peka dan cekatan mampu membantu sales untuk menguasai keadaan. Misalnya, ketika menerima penolakan dari pelanggan, anda dapat mencari peluang dari penolakan tersebut. Kemudian, ketika pelanggan merasa keberatan dengan harga, jika sales peka, maka tawarkan promo atau diskon yang mampu meyakinkan pelanggan. 

Karena watak konsumen yang beragam, tentu sales akan menghadapi banyak sekali keadaan yang timbul diluar perkiraan. Sehingga, dibutuhkan sifat yang cekatan untuk mengatasi situasi dan menguasai keadaan yang tidak terduga. 

6. Persingkat proses penutupan penjualan

Ketika proses kesepakatan jual beli telah tercapai, jangan pernah menunda untuk lanjut ke tahapan berikutnya. Misalnya, anda telah sepakat untuk menjual sebuah mobil kepada pelanggan, maka segera selesaikan proses penutupan penjualan seperti pengurusan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Hal ini untuk mencegah pembeli supaya tidak berubah pikiran.

Dengan demikian, segera tutup proses penjualan jika transaksi jual beli telah mencapai kesepakatan. 

7. Konsisten dan membangun reputasi yang baik

Konsistensi merupakan sebuah kunci kesuksesan. Konsisten dalam menyajikan presentasi produk dengan baik, memberikan pelayanan yang ramah serta menjalin komunikasi secara efektif dapat mengubah anda menjadi sales yang sukses. Konsistensi juga dapat mengukur performa serta mendeteksi kekurangan anda dalam melakukan tugas sebagai sales.

Melalui konsistensi, pelanggan dapat menilai dan memprediksi stabilitas hubungan yang mereka bangun dalam bisnis. Stabilitas ini kemudian memberikan kepastian yang membuat pelanggan tidak ragu untuk mempercayai sales. Sehingga, sales yang konsisten akan memberikan reputasi yang positif, terpercaya dan profesional.

Bagi sales pemula, memulai karir di bidang penjualan memang sangat menantang. Namun, setelah membahas alasan penggunaan kombinasi antara Whatsapp dan customer relationship management (CRM), serta tujuh cara sukses untuk mendapatkan pelanggan. Anda dapat menjadi sales pemula yang tidak memulai perjalanannya dari nol. Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda dapat meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan dalam karir.

Kunci utama dari penjualan adalah hubungan dan kepercayaan dengan pelanggan. Sehingga sebagai sales, fokuslah pada kebutuhan pelanggan dan berikan solusi yang tepat!

Tinggalkan komentar