Strategi trendjacking merupakan salah satu cara pemasaran yang memanfaatkan trend atau peristiwa yang sedang viral. Langkah menyisipkan merk kedalam percakapan ini dinilai cukup efektif untuk mempromosikan produk atau layanan dengan cepat.
Manfaat Trendjacking
Perbincangan yang sedang hangat atau viral di media sosial dapat bermanfaat sebagai sarana yang tepat untuk beriklan. Langkah ini sering dimanfaatkan para produsen atau distributor ini cukup jitu untuk mendekatkan diri dengan konsumen.
Beberapa manfaat trendjacking yang penting diketahui pemasar untuk melebarkan sayap ini adalah sebagai berikut:
-
Peningkatan Pencitraan
Manfaat penting yang dapat Anda peroleh dengan mengikuti trendjacking ini adalah peningkatan pencitraan. Terlibat dalam trend yang sedang viral dan diperbincangkan dapat membangun citra merek yang dinamis dan relevan di mata audiens.
-
Peningkatan Visibilitas
Ikut serta dalam trend yang hangat di media sosial atau trendjacking social media dapat memberikan kesempatan kepada Anda untuk lebih populer. Muncul dalam beranda media sosial, berita maupun platform populer dapat meningkatkan visibilitas merek yang Anda miliki.
-
Peningkatan Keterlibatan
Keikutsertaan dalam trend yang sedang hangat dan populer dapat meningkatkan keterlibatan pengikut dan pelanggan potensial. Hal ini dapat menghasilkan lebih banyak interaksi sosial, berbagi, dan komentar yang akan membuat produk Anda semakin dikenal.
-
Pertumbuhan Pangsa Pasar
Menerapkan trendjacking dengan baik memberikan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan penjualan. Langkah ini dapat menarik pelanggan baru yang terus meningkat setiap saat dan memperluas pangsa pasar Anda.
-
Kepuasan Pelanggan
Apabila trendjacking content dapat diterapkan dengan bijak dan menghibur, maka manfaatnya juga lebih maksimal. Selain berhasil memperoleh simpati dari para pelanggan dengan baik, juga akan memberikan mereka hiburan tambahan.
Contoh Trendjacking
Meskipun sudah memahami manfaat dari trendjacking ini, mungkin akan lebih jelas kalau Anda menyimak beberapa contohnya. Sehingga dapat lebih mudah dalam menerapkannya ke dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.
Beberapa contoh trendjacking yang dapat Anda jadikan referensi adalah sebagai berikut:
-
Acara Olahraga Besar
Ketika berlangsung olahraga besar seperti Olimpiade, Piala Dunia dan Asian Games, banyak brand ternama yang menggunakan trendjacking untuk mempromosikan produk. Misalnya dengan memajang poster atau menjadi sponsor dalam ajang akbar tersebut.
-
Tren Media Sosial
Saat ditengah masyarakat terjadi trend yang viral seperti ketchup challenge atau ice bucket challenge, menjadi ide bagi banyak brand. Mereka membuat konten menghibur untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki.
-
Hari Raya
Demikian juga dengan berbagai macam perayaan lokal maupun internasional seperti valentine, Natal. Lebaran, Kemerdekaan dll. Banyak brand yang menggunakan trendjacking untuk menghubungkan produk mereka dengan semangat perayaan.
Trik Memanfaatkan Trendjacking dengan Tepat
Berdasarkan pengalaman BDD, masyarakat memang mudah terpengaruh dengan hal-hal yang sedang hits atau viral. Sehingga Anda harus menerapkan teknik ini agar dapat meningkatkan pemasaran dengan baik.
Apabila masih kurang pengalaman dan ragu, dapat mencoba memanfaatkan bantuan profesional.Salah satu jasa profesional yang recommended dalam bidang ini adalah Boleh Dicoba Digital atau BDD.
Beragam layanan untuk meraih perkembangan popularitas merk dapat Anda dapatkan di Boleh Dicoba Digital. Bahkan 50 brand bisnis sudah mencoba dan berkembang berkat bantuan BDD.
Anda juga dapat mencoba trendjacking sekarang sebagai salah satu layanan yang tersedia di BDD. Sehingga target bisnis yang Anda miliki dapat tercapai sesuai harapan. Selamat mencoba!