-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Daerah Penghasil Bawang Putih Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Bawang Putih

Siapa yang tidak mengenal salah satu bumbu dapur ini, bawang putih keberadaannya selalu tidak luput untuk ditambahkan sebagai penyedap rasa masakan. Selain itu, berbagai manfaat kebaikan untuk kesehatan juga ada di dalamnya. Namun, tahukah Anda dimana saja daerah penghasil bawang putih di Indonesia, untuk itu simak beberapa informasinya berikut ini. 

Daftar Daerah Penghasil Bawang Putih terbanyak dan terbaik di Indonesia

1. Kabupaten Malang

Kabupaten Malang merupakan salah satu bagian dari daerah penghasil bawang putih di Indonesia. Lokasi geografisnya menjadikannya sebagai salah satu wilayah yang berhasil untuk dilakukan pengembangan. Area produksinya tersebar di berbagi daerah bagiannya seperti Karangploso, Pujon, dan masih banyak lagi. Dengan luas area tanam sekitar 22.000 ha, hasil panen bisa mencapai angka 153 ribu ton per tahun.

Artikel terkait: daerah penghasil bawang merah

2. Kota Batu 

Kota Batu yang dulu pernah berhenti menjadi salah satu lokasi penghasil bawang putih, kini kembali bangkit lagi untuk memperbaiki ketinggalannya dari daerah terdekat Kabupaten Malang. Pemerintah dan warga sekitar telah  menyediakan kurang lebih sekitar 50 hektar lahan untuk tempat budi dayanya. Sekitar 500 kilogram ditargetkan menjadi hasil panen setiap satu hektar lahan yang ditanami. 

3. Probolinggo

Probolinggo menjadi salah satu tepat pengembangan budidaya bawang putih yang dipilih oleh Pemerintah. Sekitar 100 hektar ditanami 100 ton bibit dengan produksi per hektare 5-8 ton. Varietas yang ditanam di sana ada dua yaitu jenis lumbu hijau dan juga lumbu kuning. Lokasi penanamannya tersebar di beberapa wilayah bagiannya seperti kawasan Bromo, Lumbang, Sumber, Sukapura, dan juga daerah Krucil. 

Artikel terkait: daerah penghasil kapulaga

4. Banyuwangi

Banyuwangi juga menjadi salah satu tempat budidaya yang dipilih oleh pemerintah karena kondisi alamnya yang cocok. Hasil panen per tahunnya bisa mencapai angka 365 ton. Lahan yang disediakan untuk melakukan penanaman bibitnya sekitar 116 hektar. Kualitas yang dihasilkan juga sangat bagus dan termasuk produk unggulan. Warga dan pemerintah terus melakukan pengembangan hingga saat ini. 

5.Temanggung 

Temanggung sebagai salah satu tempat pembudidayaan yang terpilih, berhasil menghasilkan 27,13% dari hasil panen nasional 88.817 ton. Kualitasnya memang tidak sebagus hasil impor, tapi aroma dan rasa yang dikeluarkan lebih tajam dan kuat untuk dijadikan bumbu masak. Kementerian Pertanian terus melakukan pendampingan kepada petani untuk terus mengembangkan hasil panen per tahunnya. 

Artikel terkait: daerah penghasil kayu manis

6. Banjarnegara

Sebagai salah satu dari sekian banyak wilayah terpilih, Banjarnegara mampu menghasilkan produksi bawang putih untuk impor sebanyak 10 ton ke Taiwan. Kawasan tersebar untuk budidaya yaitudi daerah Penjawaran, Batur, dan juga Kalibening. Pada tahun 2019 hasil panen yang dimilikinya mencapai 250 hingga kisaran 300 ton. Besaran tersebut menjadi salah satu penyumbang pendapatan total nasional. 

7. Magelang

Luas tanah untuk yang disediakan di daerah Magelang untuk pembudidayaan komoditas ini sekitar 1.500 hektare. Dengan luasan tersebut panen per tahun yang dihasilkan bisa mencapai jumlah 9.000 ton. Penyebarannya meliputi 3 kecamatan utama yaitu Kaliangkrik, Windusari, dan juga Kajoran. Setiap tahunnya, selalu dibuat terobosan teknologi baru untuk membantu proses  produksinya. 

Artikel terkait: daerah penghasil kunyit hitam

8. Lombok Timur

Lombok Timur merupakan salah satu daerah penghasil bawang putih di Indonesia yang berada di luar Jawa. Potensi alam dan bentuk geologisnya ternyata menyimpan potensi untuk menanam komoditas ini. Tercatat sekitar 172. 359 kuintal berhasil di produksi. Panen tersebut bagian dari hasil tanam pada sebagian luas tanah sekitar 1.453 hektar. Selain wilayah-wilayah yang disebutkan, masih banyak lagi daerah lainnya. 


Daerah Penghasil Bawang Putih - Esquire