Close

5 Daerah Penghasil Vanili Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Vanili

Vanili merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan untuk diambil sari buahnya sebagai pemberi rasa pada berbagai macam hidangan dengan rasa vanila. Tanaman ini berupa tanaman yang merambat dengan buahnya yang berbentuk polong. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur pada iklim tropis seperti Indonesia. Berikut ini list 4 daerah penghasil vanili di Indonesia yang paling terkenal. 

Daerah Penghasil Vanili terbaik di Indonesia yang Paling Terkenal

1. Banyu wangi, Jawa Timur

Menurut informasi dari lyceum, Banyuwangi merupakan kota penghasil vanili dengan jumlah yang cukup banyak. Di Banyuwangi, vanili tidak hanya ditanam di kebun, melainkan juga ditanam di pekarangan sebagai alternatif penghasilan tambahan bagi kebutuhan rumah tangganya. Beberapa warga memanfaatkan pekarangan sebagai lahan tanam untuk vanili

Mereka menggunakan serabut kelapa sebagai tempat tumbuh dari pohon vanili. Serabut ini dimasukkan ke dalam jaring-jaring besi yang dibentuk menjadi tabung dan disusun hingga cukup tinggi. Bibit pohon vanilla akan ditanam di bawah media ini agar tumbuh menjalar memenuhi setiap bagian dari media yang tersedia.

Artikel terkait: daerah penghasil buah kesemek

2. Gunung pelindung, Lampung

Di Lampung, produksi vanili cukup besar dengan 119 petani dan produksi yang dapat mencapai 6.4 ton. Petani vanili di Kota Lampung tersebar di beberapa daerah dengan sebaran terbesar berada di  kecamatan Gunungpelindung digarap oleh dengan luas 4,25 hektar lahan produktif. Dari kecamatan ini, Lampung mendapatkan produksi vanili sebesar 1,8 ton.

Walaupun iklim Lampung cukup cocok untuk benih vanili tumbuh, namun perawatan yang dibutuhkan tetap membutuhkan perhatian ekstra. Beberapa petani telah kehilangan semangat memerangi hama dan jamur yang menyerang tanaman ini, namun masih banyak juga yang masih semangat untuk bertani vanili oleh karena harga jualnya yang cukup tinggi.

Artikel terkait: daerah penghasil kacang tanah

3. Pati, Jawa Tengah

Iklim yang ada di Kota Pati membuat pohon vanili tumbuh dengan subur dan lebat. Kelembapan udara yang cukup hingga cahaya matahari dengan intensitas yang pas menyebabkan tumbuhan ini mudah untuk hidup dan dikembangbiakkan. Oleh karena itu, produksi vanili dari kota Pati memiliki kualitas yang lebih baik dengan kuantitas yang cukup banyak.

Walaupun disebut sebagai kota dengan daerah penghasil vanili di Indonesia, Pati belum memiliki jaringan penjualan vanili yang baik dan stabil. Beberapa petani masih kesulitan untuk memasarkan hasil panen vanili pada komoditas pasar lokal. Kebanyakan dari mereka menjual hasil panen vanili pada beberapa tengkulak yang berasal dari wilayah lain.

Artikel terkait: daerah penghasil bawang putih

4. Sumedang, Jawa Barat

Sumedang merupakan salah satu kota penghasil bibit vanili terbesar di Indonesia. Di kawasan ini petani dapat menggarap 80.000 polybag berisikan bibit tanaman vanili yang siap dikirim menuju perkebunan vanili di berbagai kawasan di Indonesia. Bibit yang berasal dari kawasan ini telah diakui dan disertifikasi sebagai bibit yang unggul. 

Artikel terkait: daerah penghasil bawang merah

5. Dairi, Sumatra Utara

Kawasan ini telah mengembangkan perkebunan vanili sejak tahun 1980an hingga saat ini. Petani Dairi mendapatkan pasokan bibit vanili sebesar 3 ton dari pemerintah. Hal ini dikarenakan belum adanya pasokan bibit vanili yang dihasilkan oleh petani dari Dairi, Sumatra Utara. Benih yang digunakan untuk memasok vanili di kota ini berasal dari Pulau Jawa.

Walaupun Dairi telah menjadi daerah penghasil vanili di Indonesia, kawasan ini masih kesulitan untuk mendapatkan benih atau bibit dari pohon vanili ini. Beberapa petani di nekat untuk menyetek tanaman yang sudah tua sebagai salah satu cara perkembangbiakan vanili untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli bibit vanili.

Daerah Penghasil Vanili – Esquire

Tinggalkan komentar