-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Pengobatannya

Asam lambung

Dikutip dari info kesehatan terlengkap di Indonesia, bahwa Pola hidup yang tidak sehat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, salah satu penyakit yang sering melanda adalah asam lambung naik. Meskipun demikian, masih banyak orang-orang yang tidak terlalu peduli tentang penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya. Padahal jika penyakit ini dibiarkan akan menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Asam lambung harus menjadi hal yang diperhatikan dengan baik karena masalah kesehatan yang satu ini sering mengancam manusia, mulai dari orang dewasa bahkan anak-anak. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas berbagai hal mengenai pengertian, gejala, penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya.d Yuk simak informasinya di bawah ini.

Apa itu Asam Lambung?

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai penyebab asam lambung naik terus, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu asam lambung. Asam lambung naik adalah masalah kesehatan yang bisa diderita oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saat mengalami penyakit ini, para penderitanya akan mengalami rasa terbakar di dada yang biasa dikenal dengan heartburn. 

Disebutkan bahwa asam lambung naik ini adalah gejala dari penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Hal ini karena gejala, penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya mirip dengan nyeri dada yang biasa dialami penderita penyakit jantung. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena asam lambung tidak berbahaya seperti penyakit jantung. Namun, Anda tetap harus menangani masalah kesehatan yang satu ini karena jika dibiarkan akan menimbulkan komplikasi yang lebih parah.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi karena adanya kenaikan asam lambung ke kerongkongan atau esophagus. Kondisi seperti ini akan terjadi jika saluran pencernaan yang menjadi penghubung antara mulut dengan lambung mengalami iritasi. Asam lambung yang naik adalah hal yang wajar terjadi, tetapi akan menimbulkan nyeri pada ulu hati penderita.

Penderita GERD bisa mengalami kenaikan asam lambung sekitar 2 kali dalam seminggu. Dilihat dari seringnya asam lambung naik ini muncul, membuat kita semua harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh agar mendapatkan hidup yang lebih sehat, dan pastikan untuk mengetahui penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya.

Gejala-Gejala Asam Lambung

Sebelum mengetahui penyebab asam lambung naik di pagi hari, Anda juga harus mengetahui apa saja gejala yang akan dialami saat masalah kesehatan yang satu muncul. Berikut ini informasinya.

1. Sensasi Terbakar di Dada

Gejala asam lambung yang pertama ditandai dengan adanya sensasi terbakar di dada. Saat Anda mengalami gejala yang pertama, pastikan untuk tidak berbaring karena akan membuat sensasi lebih parah.

2. Mual

Adanya rasa mual menjadi gejala dari asam lambung yang selanjutnya. Hal ini memang bukan hal aneh lagi sehingga Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengetahui penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya yang akan kami bahas di informasi selanjutnya. 

3. Mudah Kenyang 

Penderita asam lambung akan mengalami gejala seperti mudah kenyang saat makan. Namun, hal ini diikuti dengan rasa lapar yang cepat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menyiapkan camilan agar tidak merasa terlalu lapar dan kekenyangan.

4. Sering Bersendawa

Sering bersendawa banyak dikaitkan dengan masuk angin, padahal ketika Anda mengalami asam lambung pun Anda akan sering bersendawa. Ketika Anda mengalami hal ini, pastikan untuk siap sedia obat asam lambung. 

5. Mulut Terasa Asam

Mulut juga berperan penting untuk memberi tanda bahwa Anda sedang mengalami asam lambung. Hal ini ditandai dengan mulut yang terasa asam meskipun tidak memakan makanan yang asam.

6. Hidung tersumbat

Pada beberapa kasus, pendita asam lambung juga sering mengalami hidung tersumbat, hal itu dikarenakan kondisi asam dalam lambung yang tidak stabil.

Penyebab Asam Lambung Naik

Penyakit GERD terjadi karena otot kerongkongan bawah melemah sehingga asam lambung naik ke refluks asam lambung. Tentunya kondisi seperti ini sangat berbahaya bagi lansia, para perokok, penderita obesitas, orang yang tidur setelah makan, hingga wanita hamil. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengetahui apa saja penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya seperti yang akan kami bahas berikut ini.

1. Sering Makan Terlalu Banyak

Makan secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika dibarengi dengan memakan makanan yang tidak sehat, hal ini akan memicu asam lambung naik semakin tinggi. Untuk itu, Anda harus mengurangi makan dengan porsi besar. Pastikan Anda makan sesuai dengan porsi dan makan makanan yang sehat serta bergizi.

2. Kebiasaan Tidur Setelah Makan

Lagi-lagi kebiasan buruk ini menimbulkan penyakit yang sering terjadi, seperti GERD. Kebiasaan yang sulit ditinggalkan seperti tidur setelah maka harus dihindari karena bisa menjadi penyebab asam lambung naik di malam hari semakin parah bahkan bisa menimbulkan komplikasi lainnya.

3. Obesitas

Bagi Anda yang menderita obesitas, Anda harus secara perlahan menurunkan berat badan karena obesitas menjadi gejala asam lambung selanjutnya yang harus dihindari.

4. Ngemil Dekat Jam Tidur

Selain makan, Anda juga harus menghentikan kebiasaan ngemil mendekati jam tidur. Selain menyebabkan lemak jenuh yang berbahaya, ngemil dekat jam tidur juga menyebabkan asam lambung yang tidak kalah bahayanya. Untuk itu, yuk hentikan kebiasaan ini!

5. Mengonsumsi Makanan Penyebab Asam Lambung

Makanan penyebab asam lambung ternyata sangat banyak, mulai dari makanan yang asam, pedas, hingga berlemak semuanya harus dihindari. Merokok dan mengkonsumsi alkohol pun harus dihindari agar tidak menderita asam lambung yang parah.

Cara Pengobatan Asam Lambung

Pengobatan asam lambung bisa dilakukan dengan berbagai hal, seperti mengubah pola hidup sehari-hari. Penasaran bagaimana caranya? 

1. Menurunkan Berat Badan

Cara mengobati asam lambung dengan cepat yang pertama adalah dengan menurunkan berat badan. Anda bisa memulai olahraga kecil, seperti jogging, push-up, senam, dan olahraga kecil lainnya. Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus berolahraga dengan rutin.

2. Hindari Kebiasaan Buruk

Selain berolahraga, Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk seperti makan makanan yang menyebabkan asam lambung, tidur setelah makan, merokok, dan mengkonsumsi alkohol serta obat-obatan. Meskipun kebiasan-kebiasaan tersebut sulit dihilangkan, tetapi dengan keyakinan untuk mendapatkan hidup yang sehat maka Anda pasti bisa melakukannya.

3. Konsumsi Obat yang Diberikan Dokter

Saat Anda berobat ke dokter, Anda harus menebus resep obat yang diberikan karena dokter akan memberikan obat yang bisa meringankan, menetralkan, menurunkan, dan mempercepat GERD. Pastikan Anda menuruti semua perintah dokter agar asam lambung bisa sembuh dengan cepat.

4. Konsumsi Obat Herbal

Jika Anda tidak cocok minum obat dari dokter, maka Anda tetap bisa mengkonsumi obat herbal sebagai cara mengobati asam lambung dengan alami. Obat herbal tersebut seperti kunyit, gula aren, jeruk nipis, madu, lidah buaya, dan herbal lainnya yang bisa membuat asam lambung hilang dengan alami.

Nah itulah berbagai informasi mengenai pengertian, gejala, penyebab asam lambung naik dan cara pengobatannya. Dengan adanya informasi di atas, semoga dapat membantu Anda agar bisa terhindar dan sembuh dari penyakit asam lambung. Selain itu, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lainnya Anda bisa berkunjung langsung ke https://scotsfind.org. Bagaimana menurut Anda.?