-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Ciri Bunga Rafflesia

Ciri Ciri Bunga Raflesia

Bunga raflesia adalah tanaman endemik Indonesia yang dapat ditemukan di wilayah Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan. Pertama kali bunga ini ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles. Sehingga nama bunga ini merupakan gabungan dari kedua orang tersebut. 

Berikut ciri-ciri khusus tanaman rafflesia arnoldi.

Ukuran Bunga

Ukuran bunga raflesia cukup beragam tergantung dari jenis tanaman raflesianya. Rata-rata bunga raflesia memiliki ukuran diameter sampai 1 meter atau bahkan lebih. Satu bunga raflesia bisa mencapai berat 100 ons atau dalam bentuk kilogram adalah 10 kg. Dari tanah ketinggian bunga ini mencapai 50 cm. Untuk setiap bunganya memiliki 5 helai mahkota yang berwarna merah dengan bintik berwarna putih.

Baca juga: Bunga Mawar

Bukan Tanaman Sejati

Tanaman sejati adalah tanaman yang memiliki akar, daun, dan juga batang. Sedangkan ciri-ciri tanaman raflesia tidak memiliki akar, batang, dan daun. Oleh karena itu tanaman raflesia bukan termasuk golongan tanaman sejati. Dikarenakan ketiga bagian tersebut tidak dimiliki oleh tanaman raflesia, maka untuk mencari makannya tanaman ini mendapatkan sumber makanan dari inangnya.

Baca juga: Pohon Eucalyptus

Terdapat Dua Jenis Kelamin

Bunga raflesia dikenal dengan sebutan bunga berumah dua. Hal ini dikarenakan bunga raflesia memiliki dua jenis kelamin. Dengan adanya dua kelamin dalam satu bunga menyebabkan tanaman raflesia ini sangat sulit dikembangbiakan menggunakan biji. Karena bunga jantan dan bunga betinanya tidak selalu mekar disaat yang bersamaan.

Baca juga: Tumbuhan Dikotil

Memiliki Umur yang Tak Lama

Bunga tanaman raflesia tidak sama seperti bunga pada tanaman lainnya. Bunga raflesia membutuhkan waktu untuk mekar sampai 9 bulan lamanya. Akan tetapi setelah mencapai titik maksimal mekarnya kelopak bunga selang 5-7 hari bunga akan layu.

Baca juga: Tumbuhan Paku

Itulah beberapa ciri-ciri tanaman raflesia yang dapat Anda ketahui. Jika Anda menemui bunga raflesia saat sudah mekar maka Anda harus menjaga jarak. Hal ini dikarenakan bunga raflesia mengeluarkan aroma bau yang sangat busuk. Walau begitu bunga raflesia ini adalah salah satu bunga terbesar di dunia dan cukup langka keberadaanya.


Ciri Ciri Bunga Raflesia - Esquire