Ciri Ciri Pohon Eucalyptus

Ciri Ciri Pohon Eucalyptus

Tumbuhan eucalyptus sangat asing di Indonesia. Tumbuhan eucalyptus adalah jenis pohon yang berasal dari Negara Australia. Pohon eucalyptus dapat ditemukan di Australia, karena iklim di sana sangat cocok sebagai tempat tumbuh tumbuhan ini. Tahukah kamu ciri-ciri pohon eucalyptus?

Ciri-ciri dari pohon eucalyptus yaitu menjatuhkan dahannya saat mereka tumbuh. Oleh karena itu sering kali banyak penebang tewas karena tertimpa dahan pohon eucalyptus. Selain itu minyak yang terkandung di dalam pohon eucalyptus sangat mudah terbakar apalagi pada saat musim kemarau.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Eucalyptus

1. Klasifikasi Ilmiah (Taksonomi) Pohon Eucalyptus

Penggolongan hierarki (tingkatan) taksonomi pohon eucalyptus adalah sebagai berikut:

⦁ Kingdom: Plantae
Kingdom Plantae merupakan kelompok tumbuh tumbuhan yang merupakan organisme eukariotik multiseluler yang memiliki dinding sel dan klorofil.

⦁ Divisi: Magnoliophyta
Magnoliophyta merupakan tumbuhan berbunga yang sering kita jumpai di darat. Dikatakan tumbuhan berbunga karena alat reproduksi tumbuhan ini berupa bunga. Divisi Magnoliophyta ini merupakan kelompok tumbuhan yang menghasilkan biji. 


⦁ Kelas: Magnoliopsida
Magnoliopsida merupakan kelompok tumbuhan berbiji belah atau sering kita sebut berkeping dua.

⦁ Ordo: Myrtales
Kelompok tumbuhan Myrtales biasanya merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat berupa pohon atau perdu (semak) dan berakar tunggang.

⦁ Family: Myrtaceae
Tumbuhan Myrtaceae merupakan kelompok tumbuhan berupa pohon yang berkhasiat sebagai obat. Tumbuhan ini dapat dikenali dengan mudah melalui kulit luar batangnya yang mengering dan mengelupas.

⦁ Genus: Eucalyptus

2. Morfologi Pohon Eucalyptus

Morfologi tumbuhan eucalyptus terdiri dari bagian akar, batang, daun serta bunga.

⦁ Akar
Akar pohon eucalyptus berjenis tunggang, dengan sistem perakaran muda yang cepat sekali memanjang dan tumbuh menembus ke dalam tanah.


⦁ Batang
Batang tumbuhan eucalyptus dapat tumbuh mencapai 40 meter dengan diameter hingga 100 cm. Kulit bagian luar batang biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Tekstur kulit batangnya licin dan mengelupas.

Bentuk kulit batang pohon eucalyptus bermacam-macam ada yang kasar dan berserabut, halus namun bersisik, serta tebal bergari-garis atau melekuk-lekuk. Pohon eucalyptus berbentuk sedikit ramping, dengan percabangan ringan sehingga dapat meloloskan sorotan cahaya matahari.

⦁ Daun
Ciri-ciri tumbuhan eucalyptus sedikit berbeda dengan tumbuhan lainnya karena hanya terdapat sedikit daun pada pohon ini. Daun pohon eucalyptus berbentuk oval memanjang serta pangkal daun yang meruncing. Letak anak daun berhadap-hadapan.


⦁ Bunga
Pohon eucalyptus memiliki bentuk bunga yang memanjang tanpa tangkai. Benang sari berwarna putih dengan jumlah yang banyak.

Beberapa bunga dari jenis pohon eucalyptus dapat menghasilkan serbuk sari dan nektar yang baik untuk madu. Namun ada sebagian jenis eucalyptus yang ditanam sebagai tanaman hias.

3. Manfaat Pohon Eucalyptus

Bagian pohon eukaliptus yang bermanfaat terletak pada bagian daunnya. Cara memperoleh minyak dari daun pohon eucalyptus yaitu melalui proses penyulingan. 


Manfaat dari minyak eucalyptus sangat luas mulai dari produk farmasi, pewangi, antiseptik, dan berbagai penggunaan dalam bidang industri. Beberapa manfaat minyak eucalyptus yaitu:

⦁ Dapat Menyembuhkan Penyakit Batuk, Pilek, dan Bronkitis
Uap dari minyak eucalyptus dapat berfungsi sebagai dekongestan alami yang membantu untuk melegakan pernapasan. Penggunaan minyak ini dapat dilakukan dengan mengusapkan minyaknya pada tubuh.

⦁ Meringankan Penyakit Asma dan Sinusitis
Minyak eucalyptus juga dapat digunakan untuk mencairkan dahak agar mudah untuk dikeluarkan. Selain itu minyak eucalyptus mengandung zat yang dapat meredakan gejala asma seperti sesak napas.

Namun, dalam penggunaannya harus berhati-hati, terutama bagi penderita yang alergi terhadap eucalyptus.


⦁ Meringankan Nyeri Sendi
Minyak eucalyptus juga dapat digunakan oleh penderita nyeri sendi, biasanya obat seperti salep dan krim mengandung minyak esensial dari tumbuhan eucalyptus.

⦁ Mengurangi Bau Mulut dan Plak Gigi
Kandungan antibakteri pada minyak eucalyptus dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Selain itu minyak ini dapat mengurangi terbentuknya plak gigi dan kerusakan pada gusi.

Disarankan untuk menggunakan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung minyak eucalyptus untuk perawatan gigi.

⦁ Membantu Meringankan Sakit Kepala
Aroma dari minyak eucalyptus dapat digunakan sebagai relaksasi untuk mengurangi sakit kepala.

Walaupun keberadaan pohon eucalyptus sangat asing di antara kamu semua, namun tumbuhan ini memiliki segudang manfaat bagi manusia. Minyak yang dihasilkan dari pohon eucalyptus dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai produk industri yang ada di dunia.


Ciri Ciri Pohon Eucalyptus - Esquire

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Eucalyptus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel