-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ciri Ciri Ikan Bawal Yang Bagus Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Bawal

Mengenali ciri ciri ikan bawal adalah hal yang wajib dilakukan ketika kita ingin melakukan ternak ikan jenis ini. Ikan dengan nama latin Colossoma Macropomum ini memang merupakan salah satu jenis ikan yang paling menguntungkan untuk diternakkan. 

Ikan ini kerap disebut sebagai sepupu dari ikan piranha asli Amazon sana karena memang berasal dari satu tempat yang sama. Simak ciri-ciri fisik dari ikan ini di sini dari sumber saliha.id.

Apa Saja Ciri-Ciri Ikan Bawal?

1. Bentuk Badan

Salah satu ciri ciri ikan bawal yang utama adalah bentuk tubuhnya. Bentuk ikan jenis ini adalah oval dan pipih, hampir mirip dengan ikan piranha memang, tapi cenderung lebih kecil. Karena bentuk tubuhnya yang pipih dan oval ini, ikan jenis ini bisa berenang dengan gesit dan cepat, bahkan ketika harus melawan arus air.

Perbandingan antara panjang dan lebar tubuh ikan jenis ini adalah 2:1 sehingga bisa dipastikan ikan bisa bergerak dengan lebih gesit. Ikan bawal ada beberapa jenisnya, namun ditilik dari bentuk badannya rata-rata semuanya sama yaitu tubuhnya oval dan pipih ini.

Artiekl terkait: Ciri Ciri Ikan Guppy

2. Sirip

Untuk ciri ciri ikan bawal selanjutnya bisa dilihat dari siripnya. Bagian sirip dari ikan jenis ini memiliki warna merah. Sirip ikan ada beberapa di sini, termasuk pada sirip ekor, sirip perut, dan juga sirip anusnya. Pada ikan bawal, semua sirip tersebut akan memiliki warna merah yang cukup mencolok, terutama untuk bawal yang jantan.

Tapi, ikan yang betina juga akan memiliki warna sirip senada, meski warnanya tak seterang yang jantan. Bedanya bagian sirip ini dengan yang ada di ikan pirahna adalah ikan piranha tidak memiliki warna merah pada ekor tapi yang ada adalah warna putih.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Cupang

3. Warna

Ciri ciri ikan bawal tentunya bisa ditilik juga dari warnanya. Ikan jenis ini memiliki warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan ikan piranha. Warnanya silver atau kadang kehitaman dengan corak kuning atau putih.

Bedanya dengan sepupunya yang ada di Amazon sana yaitu ikan piranha warnanya didominasi warna silver dan ada corak merah pada ekor dan siripnya sedangkan ikan yang kerap kita temui ini warnanya lebih gelap.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Molly

4. Ekor

Ekor dari ikan jenis ini berbentuk cagak dan agak kaku. Namun, ketika digunakan untuk berenang, ekor menjadi lebih fleksibel dan mengikuti gerakan tubuh dari ikan. Ekor ikan berwarna merah ataupun warna sedikit kekuningan pada beberapa jenis ikan bawal tertentu.

Bentuk ekor juga bisa membedakan antara bawal yang jantan dengan yang betina. Untuk yang jantan, biasanya ekor sedikit lebih besar dan warnanya juga lebih cerah/tajam mencolok. Hal ini bisa memudahkan peternak untuk membedakan antara ikan yang jantan dengan yang betina.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Baung

5. Kepala

Bentuk kepala bisa menjadi ciri ciri ikan bawal yang gampang dilihat. Kepala dari ikan jenis ini terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan besar badannya. Kepalanya berbentuk pipih juga, mengikuti bentuk badannya. Kepala ikan memiliki sedikit benjolan pada bagian dahi, menjadikannya sedikit lebih mirip dengan ikan piranha.

6. Gigi

Deretan gigi pada ikan bawal tidak setajam ikan piranha. Namun, tetap saja deretan giginya terlihat tajam dan memang digunakan untuk mengoyak mangsanya. Rahang bawahnya panjang dan membuat gigi ikan piranha mencolok dan terlihat jelas dari luar. Rahangnya memilik struktur kuat dan menjadi senjata utama ikan jenis ini.

Baca juga artikel berbagai macam tenang Ikan


Ciri Ciri Ikan Bawal - Esquire