Close

5 Ciri Ciri Ikan Guppy Secara Umum

Ikan Guppy

Nama guppy sebagai ikan hias bukan sesuatu yang asing. Ikan ini sangat populer karena memiliki warna menarik dan murah. Anda bahkan bisa memelihara indukan lalu anakan ikan tersebut segera muncul setelah beberapa minggu. 

Hal menarik lain adalah ikan ini juga tersedia di alam liar seperti danau, parit, selokan, dan sungai. Ikan berkembang biak dengan cepat dan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Agar mampu membedakan secara tepat, simak lebih lanjut pembahasan mengenai ciri ciri ikan guppy.

Daftar ciri ciri khusus Ikan Guppy

1. Bentuk tubuh

Ikan guppy dan molly adalah satu genus tetapi berbeda spesies. Anda akan melihat kemiripan keduanya. Bentuk tubuh akan memanjang tegak vertikal. Selain itu, tubuh tersebut akan menipis di bagian sebelum ekor lalu tampak mengembang di bagian sebelum kepala.

Kepala ikan tampak runcing hingga mulut dan bagian atas menyatu ke arah punggung. Selanjutnya, Anda dapat melihat sepasang mata yang cukup besar jika dibandingkan dengan proporsi kepala. Bagian bawah mulut lebih lembut dan tidak terlalu runcing serta menyatu ke perut. Secara keseluruhan, bentuk ikan adalah tegak dan agak mengambang di bagian tengah.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Cupang

2. Ukuran

Ciri ciri ikan guppy selanjutnya adalah ukuran tubuh. Di alam liar, ikan ini akan memiliki panjang maksimal sekitar 4 cm. Ukuran tersebut dapat bertambah untuk jenis kelamin betina hingga 6 cm. Ikan jantan lebih pendek yaitu rata-rata berukuran 3 cm hingga 3,5 cm. Ikan dewasa terkecil akan memiliki panjang 2 cm.

Berdasarkan ukuran dan panjang, ikan molly masuk kategori kecil saat dibandingkan dengan ikan lain di genus yang sama. Lingkungan dan habitat sangat berpengaruh terhadap ukuran tubuh. Ikan menjadi lebih cepat besar di aquarium dengan nutrisi dan air terjaga. Sebaliknya, ikan di alam liar relatif kecil dan pipih.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Molly

3. Warna

Bagian penting dari ciri ciri ikan guppy adalah warna. Banyak orang menyukai ikan ini karena memiliki warna yang unik dan menarik. Perlu Anda ketahui, selain ukuran, ikan jantan dan betina mempunyai komposisi warna berbeda. Ikan hias yang sering dipelihara karena warna adalah tipe jantan. Ada semacam bintik cerah dan mampu memberikan warna alami.

Warna ikan ini berasal dari pigmen di bagian sisik. Komposisinya lebih pekat di bagian tengah dan atas tubuh. Saat cek bagian perut, warna semakin pudar karena sisik lebih sedikit dan tipis. Bagian tersebut relatif lebih cerah.

Warna alami dari ikan ini adalah coklat atau warna mirip lumut. Disisi lain, Anda juga menemukan ikan dengan tiga warna. Ikan dengan satu warna sangat jarang ditemukan karena selalu ada pigmen mirip bintik yang berada di area tengah.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Baung

4. Sirip

ciri ciri ikan guppy berikutnya adalah sirip yang terdiri dari bagian dada dan punggung. Sepasang sirip depan posisinya sedikit di tengah tubuh. Sirip ini dapat mengembang dan ukurannya relatif pendek. Selanjutnya, sirip punggung menempel di bagian atas serta memiliki lapisan tipis. Masing-masing sirip memiliki warna sepadan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Bawal

5. Ekor

Ikan ini memiliki ekor pipih dan vertikal menyatu dengan bagian belakang tubuh. Ekor tersebut juga memiliki warna dan corak yang sama dengan sirip. Akor akan mengembang ketika berenang cepat atau keadaan terdesak.

Anda juga dapat menemukan ciri ciri ikan guppy yang memiliki ekor seperti kipas mirip ikan cupang. Tipe ekor ini sangat pekat dengan bintil-bintil warna yang khas. Jika warna mayoritas gelap, bintik tersebut akan tampak cerah dan berlaku sebaliknya. 

Baca juga artikel berbagai macam tenang Ikan

Ciri Ciri Ikan Guppy – Esquire

Tinggalkan komentar