Close

7 Ciri Ciri Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan hias terdiri dari beberapa jenis dari yang kecil hingga besar. Bagi pemula, rekomendasi ikan yang tepat adalah molly. Ikan ini memiliki variasi warna yang menarik dan ukurannya juga relatif kecil. Selain itu, harga terjangkau dan mudah dipelihara. Untuk mengenal lebih lanjut, Anda perlu mengetahui ciri ciri ikan molly dengan seksama.

Simak lebih dalam tentang ciri ciri khusus ikan molly

1. Bentuk tubuh

Ikan molly memiliki bentuk tubuh memanjang dan runcing di bagian depan dan pipih mendekati ekor. Di bagian perut, ada dua sirip kanan kiri serta tambahan sirip punggung lebar di bagian atas. Selanjutnya, ikan tampak sedikit mengembang di bagian bawah kepala lalu menyatu dengan perut. Akan tetapi, ukurannya masih normal.

Seperti ikan air tawar lainnya, permukaan tubuh memiliki sisik. Ukurannya kecil dan mengkilap. Sisik tersebut mengandung pigmen warna. Bagian atas dan punggung akan memiliki warna lebih pekat karena komposisi sisik sangat rapat. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Baung

2. Ukuran

ciri ciri ikan molly mempunyai ukuran tubuh sekitar 3 cm hingga 8 cm bahkan ada yang sampai 10 cm. Ukuran ini tergantung dari usia dan habitat. Anda bisa memelihara di akuarium saat ikan sudah berukuran lebih dari 2 cm. Selanjutnya, ukuran tersebut akan tumbuh serta warna asli muncul ketika mencapai panjang sekitar 5 cm.

Molly yang memiliki ukuran lebih dari 10 cm sangat jarang ditemui. Kalaupun tersedia, ikan ini bisanya sebagai indukan. Anda juga tidak mungkin menemukan langsung di alam liar. Dari ukurannya, ikan ini masuk kategori kecil hingga sedang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Bawal

3. Mulut

Yang menarik dari ciri ciri ikan molly adalah bagian mulut. Dari punggung hingga ke ujung mulut tampak runcing seperti segitiga. Selanjutnya, perut hingga ujung mulut bagian bawah juga mengarah ke bentuk runcing tetapi ada lekukan seperti kurva. Bentuk seperti ini yang membedakan ikan ini dan lainnya.

4. Kepala

Bentuk kepala runcing dan tulangnya sangat kokoh. Di bagian sisi kanan dan kiri, Anda akan melihat celah insang yang berguna untuk pernapasan. Bagian bawah langsung bergabung dengan perut serta tampak membesar. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Guppy

5. Sirip

ciri ciri ikan molly berikutnya adalah sirip. Ikan memiliki tiga sirip yaitu dua di depan dan satu di atas punggung. Sirip bagian depan tampak kecil bahkan ada yang sebatas beberapa ruas. Posisinya tepat berada di belakang insang. Letak kanan dan kiri sejajar.

Sirip belakang berada di punggung dan mengarah vertikal ke atas. Posisinya dari setengah panjang tubuh hingga sebelum ekor. Arah sirip condong ke posisi belakang sehingga seolah jatuh lunglai. Saat bergerak, sirip akan mengembang dengan lapisan tipis. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ikan Cupang

6. Ekor

Bagian lain dari ikan molly adalah ekor. Mirip seperti sirip punggung, ekor tampak tebal saat menyambung ke tubuh tetapi menjadi lapisan tipis di bagian ujung. Posisinya vertikal searah dengan bentuk badan. Ekor ini dapat mengembang hingga mirip kipas setengah lingkaran.

7. Warna

Anda akan menemukan berbagai variasi warna dari ikan tersebut. Saat ini, tipe warna cerah seperti golden dan kuning merupakan yang paling sering tersedia. Selain itu, ada juga warna hitam dan relatif gelap. Beberapa ikan yang lain memiliki warna khas abu-abu dan sebagian lagi campuran putih dengan bintik hitam.

Warna ikan terbentuk berdasarkan pigmen pada sisik. Bagian bawah area perut akan tampak netral yaitu semacam silver atau abu-abu. Selanjutnya, warna bertambah cerah di bagian tubuh atas hingga pinggang. Warna merupakan ciri ciri ikan molly yang dapat dikenali dengan mudah.

Baca juga artikel berbagai macam tenang Ikan

Ciri Ciri Ikan Molly – Cosmogirl

Tinggalkan komentar